Senin 15 November 2021, 11:35 WIB

Lakukan Selebrasi Kemenangan, Hamilton Malah Kena Denda

Ilham Ananditya | Olahraga
Lakukan Selebrasi Kemenangan, Hamilton Malah Kena Denda

NELSON ALMEIDA / AFP
Pembalap Inggris dari tim Mercedes, Lewis Hamilton, melakukan selebrasi dengan mengibarkan bendera Brasil di Grand Prix Sao Paulo, Brasil.

 

JUARA dunia F1 tujuh kali, Lewis Hamilton harus menerima denda 5.000 euro atau sekitar 81,3 juta rupiah karena melepas sabuk pengaman saat melakukan selebrasi kemenangan di F1 GP Brasil.

Hamilton terlihat melepas sabuk pengamannya selama 'cool down lap' sembari melakukan selebrasi atas kemenangan yang ia raih. Ia dinilai oleh petugas Steward melanggar aturan Kode Olahraga Internasional soal sabuk pengamanan (melewati 'Chequered Flag'), khususnya pasca-balapan.

Akhirnya pembalap Mercedes itu harus terkena denda sebesar 5.000 euro, dengan tambahan senilai 20 ribu euro atau sekitar 325,5 juta rupiah yang ditangguhkan hingga akhir musim 2022.

"Pengemudi mobil #44, Lewis Hamilton, membuka sabuk pengamannya pada akhir balapan. Meski petugas bersimpati atas selebrasi yang dilakukannya, namun pada dasarnya hal itu dinilai tidak aman. Karena melepaskan sabuk pengaman saat mobil sedang bergerak," mengutip pernyataan petugas Steward Federasi Internasional Mobil (FIA).

Mulanya, usai melewati garis finis Hamilton berhenti di dekat seorang petugas Marshal untuk mengambil bendera Brasil.

Kemudian ia melakukan selebrasi dengan memegang bendera dari kokpit mobil W12, kemudian membawanya ke podium. Tak lama diumumkan, bahwa Hamilton dikenai denda oleh petugas Steward.

"Kecepatan lambat pada mobil F1 masih dinilai sangat cepat untuk seorang pengemudi tanpa menggunakan pengaman. Sangat krusial bagi pengemudi mempelajari pentingnya menggunakan semua perangkat keselamatan mobil setiap saat," lanjutan pernyataan.

Namun investasgi tersebut, tidak memengaruhi hasil akhir. Hamilton dapat merebut kemenangan di GP Brasil, kini dirinya hanya selisih 14 poin dari pemuncak klasemen F1, Max Verstappen. (And/ChannelNewsAsia/TheStar/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Tiket Indonesia Terbuka 2022 Habis Terjual dalam 16 Jam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:49 WIB
Panitia penyelenggara masih akan menjual tiket pertandingan secara offline di hari pertandingan, di mana  pihaknya menyiapkan tiket...
AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT

Tsitsipas Lewati Ujian Putaran Kedua Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:27 WIB
Dia terbukti berhasil merebut gelar juara di Monte Carlo Masters pada April lalu, serta mencapai final di Italia Terbuka dua pekan lalu...
AFP./ Sammy Tumelaka

Menpora Berharap Rio Waida Jadi Inspirasi Atlet Selancar Tanah Air Untuk Berprestasi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:25 WIB
"Kepada atlet-atlet muda peselancar tanah air, Rio Waida ini menjadi pemandu prestasi kalian. Menjadi contoh yang baik untuk atlet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya