Rabu 04 Agustus 2021, 14:05 WIB

Indonesia Targetkan 1 Medali di Paralympic Games 2020 Tokyo

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Indonesia Targetkan 1 Medali di Paralympic Games 2020 Tokyo

Philip FONG / AFP
Lingkaran olimpiade Tokyo 2020

JELANG penyelenggaraan Paralympic Games 2020 Tokyo yang dijadwalkan akan digelar pada 24 Agustus 2020, Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPCI) menyebutkan hingga saat ini seluru atlet yang akan berlomba di Paralympic Games 2020 Tokyo dalam kondisi siap bertanding.

Seperti diketahui, Indonesia akan mengirimkan sebanyak 23 atlet pada kejuaraan multievent empat tahunan itu, dengan rincian 7 atlet cabang olahraga (Cabor) para Atletik, 7 atlet cabor para bulu tangkis, 3 atlet cabor para tenis meja, 2 atlet cabor para renang, 2 atlet cabor para menembak, 1 atlet cabor para cycling, 1 atlet para powerlifting.

"Sejauh ini atlet penampilannya sudah hampir peak permormance semua tinggal kita jaga nanti perfoemanya sehingga ketika di hari perlombaan nanti bisa keluar peek performancenya semua di Tokyo," ucap Wakil Sekertaris Jenderal NPCI Rima Ferdianto, saat dihubungi, Rabu, (4/8).

Disebutkan oleh Rima, pada Paralimpiade 2020 Tokyo ini pihaknya memiliki sejumlah target termasuk di antaranya meraih 1 medalu emas dan memperbaiki peringkat klasemen medali dengan menempati posisi 60 besar dunia.

"Di tahun 2016 Paralympic Rio kita memberangkatkan 9 atlet dari 4 cabor dengan raihan 1 medali perunggu dan menduduki peringkat ke 76," sebut Rima.

"Dan di tahun 2021 Paralympic Tokyo ini kita memiliki beberapat target yakni, menargetkan lolos 15 atlet, cabor lolos minimal 6 cabor, meraih minimal 1 medali emas dan memperbaiki peringkat masuk ke 60 besar dunia," imbuhnya.

Baca juga: Eko Yuli Irawan Ingatkan Atlet untuk Kelola Keuangan

Dijelaskan Rima, hingga saat ini NPCI telah mencapai dua target untuk Paralimpiade 2020 Tokyo yakni penambahan jumlah atlet dan cabor, dia pun berharap NPCI dapat mencapai dua target lainnya.

"Sejauh ini dua target sudah terlewati yakni atlet lolos menjadi 23 atlet jauh diatas target 15 atlet, dan cabor lolos sudah 7 cabor dari target 6 cabor. kita berharap dapat mencapai dua target lainnya," terangnya.

Saat ditanya terkait peluang tim Indonesia untuk mencapai target 1 medali dan masuk ke 60 besar, Rima menyebutkan peluang tersebut masih terbuka lewat cabor andalan seperti bulu tangkis dan atletik, hingga tenis meja.

"Peluang meraih medali yang terbesar tentu saja di bulu tangkis, tapi tenis meja, powerlifting dan atletik juga punya kans medali. Sementara untuk cycling, renang dan shooting kita target masuk final atau 8 besar saja," sebutnya.

Terkait keberangkatan atlet, Rima menyebutkan pihaknya akan memberangkatkan atlet dengan dibagi menjadi 4 kloter dagan kloter pertama akan berangkat pada 17 Aguatus mendatang.

"Keberangkatan akan dibagi menjadi 4 kloter, tanggal 17 tenis meja, renang dan cycling, tanggal 19 badminton dan powerlifting, tanggal 20 atletik dan rombongan utama, dan terakhir tanggal 23 menembak," sebutnya.

"Untuk persiapan di tiga minggu terakhir ini atlet-atlet maupun seluruh anggota kontingen sudah kita karantina total, jadi sudah ga bisa bertemu dengan orang orang luar sama sekali. Karena kita harus menjalani swab pcr selama 7 hari berturut-turut sebelum keberangkatan dan hasilnya harus negatif semua," tukasnya. (OL-4)

Baca Juga

dok.mi

Tim Tenis Indonesia Kalah dari Barbados di Piala Davis 2021

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 19 September 2021, 12:36 WIB
TIM tenis Indonesia harus mengakui kehabatan Barbados di hari kedua kejuaraan Piala Davis 2021 di Grup Dunia...
HUMAS PSSI

36 Pemain Timnas Jalani Pemusatan Latihan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 19 September 2021, 10:59 WIB
Pelatih Shin Tae-Young memanggil banyak pemain muda berusia di bawah 23 tahun seperti Muhammad Riyandi, Genta Alparedo, Ramai Rumakiek,...
MI/Susanto

Sabar, Keputusan Kehadiran Penonton PON Diputuskan Pekan Depan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 20:10 WIB
Pemerintah dan panitia penyelenggara saat ini masih mengkaji kemungkinan PON Papua dihadiri penonton di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya