Rabu 04 Agustus 2021, 13:03 WIB

Eko Yuli Irawan Ingatkan Atlet untuk Kelola Keuangan

Putri Rosmalia Octaviyani | Olahraga
Eko Yuli Irawan Ingatkan Atlet untuk Kelola Keuangan

AFP/Vincenzo PINTO
Lifter Eko Yuli Irawan memamerkan medali perak Olimpiade Tokyo 2020

 

MENJADI atlet dengan sederet prestasi internasional tentu membuat Eko Yuli Irawan mapan dengan berbagai bonus yang didapatkannya. Meski begitu, atlet angkat besi asal Lampung ini mengaku selalu berupaya menjalani hidup hemat agar apa yang didapatkannya tidak habis sia-sia.

Lelaki berusia 32 tahun ini mengungkapkan, selama hidup, ia selalu berusaha menghindari sistem pembayaran kredit untuk berbagai keperluannya. Ia lebih suka menabung lebih dulu dibandingkan memaksakan diri mengajukan kredit.

“Misalnya mau beli rumah, kalau saya ya tunggu ada dulu ada uangnya daripada maksain kredit,” ujar Eko kepada Media Indonesia, Rabu (28/7).

Baca juga: Yosozumi Sabet Medali Emas Skateboard Park Putri

Eko mengatakan perjalanan hidup yang tidak mudah dan bukan dari keluarga berada membuatnya lebih menghargai setaip hasil jerih payah yang ia dapatkan. Hal itu juga yang selalu ia sarankan untuk dilakukan oleh orang-orang terdekatnya.

“Buat junior-junior atlet juga yang mungkin lagi mulai dapat bonus-bonus, mungkin bisa pintar-pintar menggunakannya,” pesan Eko.

Selain kebiasaan hidup apa adanya sejak kecil, bijaksana dalam menggunakan uang dikatakan Eko juga sangat dibutuhkan untuknya yang berprofesi sebagai atlet. Pasalnya, perjalanan karier seorang atlet umumnya tidak bisa ditebak, membutuhkan pemeliharaan tinggi, dan juga berisiko.

Eko, yang telah berkenalan dengan olahraga angkat besi sejak usia 12 tahun, mengaku juga sangat mempertimbangkan kebahagiaan orangtuanya.

Kedua orangtua Eko merupakan salah satu alasan ia terus termotivasi meraih prestasi di dunia olahraga.

“Dulu kan pokoknya mikirnya gimana caranya bisa menang supaya dapat bonus dan bisa bangun rumah untuk orangtua. Karena, sebelumnya, orangtua saya tinggal di tanah orang. Kalau tiba-tiba diusir bagaimana? mau tinggal di mana?” ujar Eko.

Meski tidak mudah, Eko mengaku bersyukur, saat ini, perjalanan hidupnya sudah jauh lebih baik.

Ia juga semakin bersinar dengan panen medali di berbagai ajang internasional. Baik di single event kejuaraan angkat besi maupun di acara multievent olahraga seperti Asian Games dan Olimpiade.

Terbaru, Eko kembali membuat harum nama Indonesia dengan meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Meski begitu, Eko mengaku belum sepenuhnya merasa puas karena belum berhasil meraih medali emas di pesta olahraga sejagad itu. (OL-1)

Baca Juga

AFP

Djokovic Buka Musim 2023 di Adelaide

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 10:05 WIB
Setelah mendapat kepastian tampil di Australia Terbuka 2023, petenis Serbia Novak Djokovic akan membuka musim 2023 dengan bermain di...
Dok. Pemprov Banten

Porprov VI Banten 2022 Sukses Digelar, Kota Tangerang Juara Umum

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 09:43 WIB
Ketua KONI Provinsi Banten Edi Ariadi mengatakan, penyelengaraan Porprov VI Banten 2022 berjalan dengan sukses, aman, dan...
Ist

Atlet Kayak Mancanegara dan Nasional Ramaikan Toba Caldera IAF 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 00:42 WIB
Kegiatan ini bukan sekadar perlombaan kayak biasa namun sebuah gerakan responsible tourism yang mengedepankan pengembangan masyarakat lokal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya