Rabu 01 Maret 2023, 22:50 WIB

Totalitas Rico Sia Sejahterakan Warga Papua Barat Daya  

Media Indonesia | Nusantara
 Totalitas Rico Sia Sejahterakan Warga Papua Barat Daya  

Dok pribadi
Rico Sia (memegang mike) memberikan paparan dalam diklat 3 in 1 di Papua Barat Daya.

 

ANGGOTA Komisi VII DPR-RI dari Fraksi Partai NasDem, Rico Sia, menggelontorkan dana pribadi untuk memberi bantuan tunai Rp120 juta empat kelompok diklat 3 in 1 industri kecil menengah (IKM) di Kota Sorong, empat kelompok diklat IKM Kabupaten Sorong Selatan, serta empat kelompok peserta diklat IKM di Waisai Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Untuk kota Sorong diserahkan oleh Ketua Rumah Aspirasi Masyarakat Papua Barat, Hartini Destiayu, sedangkan untuk Kabupaten Sorong Selatan diserahkan oleh tenaga ahli anggota DPR-RI, Emi Sonia Fransiska. 

Sebelumnya, Rico Sia juga memberikan langsung bantuan tunai kepada kelompok peserta diklat 3 in 1 di Gedung Serbaguna Gereja Alfa Omega, Waisai Raja Ampat, Papua Barat Daya, Jumat (24/2). Bantuan dana sejumlah Rp40 juta untuk empat kelompok peserta diklat 3 in 1 itu langsung ditransfer dari rekening pribadi Rico Sia ke rekening masing-masing kelompok peserta.

"Mereka ini berpotensi menjadi pengusaha lokal, jadi harus dibantu dengan pelatihan serta modal. Kalau kita beri pelatihan saja, pasti ada kendala di permodalan. Jadi saya kasih satu paket berupa pelatihan dan modal yang masing-masing kelompok mendapatkan modal awal Rp10 juta rupiah," ujar Rico dalam keterangannya, Rabu (1/3).

Dengan adanya bantuan tersebut Rico berharap akan memberikan dampak yang baik, terutama dalam meningkatkan UKM-UKM baru di Papua Barat Daya. Selain itu diharapkan langkahnya ini bisa menimbulkan atensi positif dari pemerintah daerah setempat untuk lebih menggenjot UKM baru.

"Kalau hanya saya yang bersemangat membangkitkan UKM, tentu saja kurang maksimal. Maka harus ada perhatian dan langkah maju dari Pemda setempat sehingga para UKM ini dapat melebarkan sayapnya dan mendongkrak ekonomi daerah," tandas Rico.

Bantuan keahlian dan permodalan itu digunakan kelompok IKM mengolah beragam pangan dari ikan; mulai bakso ikan, otak-otak, mpek-mpek, dan nuget. Sorong Selatan yang kaya bahan berbasis kelautan ini diakui Rico berpotensi besar menggerakan perekonomian setempat.

Selain bantuan kepada kelompok IKM, Rico Sia juga membantu pembelian baterai untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap Masjid Al-Ishlah, Kota Sorong. Hal serupa juga diberikan kepada Gereja Katolik Paroki Santo Bernadus Aimas, Kabupaten Sorong masing masing Rp40 juta. 

Bahkan ia pun menggelontorkan bantuan senilai Rp20 juta kepada pengusaha Orang Asli Papua (OAP) yang membutuhkan tambahan modal usaha wedang jahe Papua. Selain itu kepada seniman pahat pun disokong pembelian peralatan senilai Rp10 juta.

"Semua itu dari Tuhan dan saya hanya menyalurkan saja untuk warga yang berhak menerima. Semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kemaslahatan serta kehidupan masyarakat yang lebih baik," pungkasnya. (RO/O-2) 

Baca Juga

Dok. Kemenparekraf

Desa Wisata di Kawasan Danau Toba Mulai Kenali Potensi Daerah untuk Datangkan Wisatawan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 24 Maret 2023, 23:43 WIB
Para perwakilan desa wisata memaparkan rencana program pengembangan desa wisata yang terdiri dari program jangka pendek dan jangka panjang...
Dok. Krakatau Sarana Properti

Hotel di Cilegon Ini Manjakan Tamu dengan Bangun Panggung Musik Permanen area Outdoor

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 23:34 WIB
General Manager The Royale Krakatau Rury Ilham mengungkapkan, manajemen tengah menyiapkan panggung outdoor di area Surosowan yang akan...
MI/HO

Dorong Cinta Lingkungan, Srikandi Jabar Ajak Perempuan Rutin Jumat Bersih

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 23:26 WIB
SUKARELAWAN Srikandi Ganjar Jawa Barat menggelar kegiatan Jumat Bersih dengan menata dan membersihkan lingkungan di Desa Wangkelang, jalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya