Rabu 28 Desember 2022, 08:35 WIB

Ratusan Wisatawan Akhirnya Berhasil Dievakuasi dari Karimunjawa

Akhmad Safuan | Nusantara
Ratusan Wisatawan Akhirnya Berhasil Dievakuasi dari Karimunjawa

MI/Furqon Ulya
KM Muria dengan tujuan Jepara-Karimunjawa, Jawa Tengah, dilarang berlayar karena cuaca ekstrem mengakibatkan ratusan wisatawan tertahan di s

 

SETELAH beberapa hari tertahan di Kepulauan Karimunjawa, akhirnya ratusan wisatawan bersama beberapa warga berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, menggunakan KM Kelimutu milik PT Pelni.

Pemantauan Media Indonesia hingga Rabu (28/12) dini hari, KM Kelimutu milik PT Pelni berhasil sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sebanyak 901 penumpang dengan 499 orang diantaranya adalah wisatawan dan warga yang tertahan di Kepulauan Karimunjawa turun satu dari kapal dengan membawa tas berukuran sedang.

Raut wajah lelah dengan senyum gembira tampak terlihat dari wajah ratusan wisatawan yang tertahan di Karimunjawa ketika menuruni tangga kapal, mereka kemudian dipisahkan dengan penumpang umum lain yang melakukan perjalanan dari Sampit ke Semarang.

Gelombang tinggi hingga mencapai empat meter memaksa ratusan  wisatawan tertahan di Karimunjawa, KM Kelimutu dalam pelayaran menuju ke Tanjung Emas Semarang diperintahkan mampir ke Karimunjawa untuk menjemput pelancong yang telah beberapa hari tidak bisa pulang tersebut.

"Meskipun sempat mengalami keterlambatan, namun proses evakuasi terhadap ratusan wisatawan berhasil dan berjalan lancar hingga sampai di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," ujar seorang relawan Nurman.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Opik Taupik mengatakan KM Kalimutu yang mampu menembus ombak 4-6 meter dalam perjalanan Sampit-Semarang awalnya diperkirakan sampai Karimunjawa pukul 17.00 WIB, tetapi karena gangguan gelombang baru dapat bersandar pukul 21.56 WIB hingga baru kemudian proses embarkasi hingga berhasil mengangkut 451 wisatawan lokal dan 49 wisatawan asing.

"KM Kalimutu akhirnya berangkat dari Karimunjawa pukul 22.34 WIB dan setelah menempuh perjalanan selama enam jam akhirnya dapat sampai dan sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," kata Opik Taupik.

Setelah berhasil dievakuasi dan istirahat untuk beberapa saat, ratusan wisatawan tersebut kemudian diangkut beberapa bus yang sudah dipersiapkan untuk dipulangkan dan sebagian kembali ke Jepara karena puluhan kendaraan mereka masih ditinggal di perkiran Pelabuhan Kartini Jepara. (OL-13)

Baca Juga: Ratusan Wisatawan yang Terjebak di Pulau Karimunjawa ...

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya