Rabu 16 November 2022, 19:07 WIB

Pasar Murah Di Cianjur Diharapkan Bisa Stabilkan Harga

Benny Bastiandy | Nusantara
Pasar Murah Di Cianjur Diharapkan Bisa Stabilkan Harga

MI/Benny Bastiandy
Kalangan ibu rumah tangga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyerbu Gelar Pangan Murah di halaman Setda Kabupaten Cianjur, Rabu (16/11).

 

SEBANYAK 11 komoditas pangan dijual murah pada kegiatan Gelar Pangan Murah di halaman komplek Pendopo Cianjur, Jawa Barat, Rabu (16/11). Kegiatan ini merupakan kali kedua digelar yang sebelumnya dilaksanakan di area kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW), pekan lalu.

Asisten Daerah II Setda Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Thoyib, mengatakan sasaran Gelar Pangan Murah merupakan kalangan ibu rumah tangga. Mereka difasilitasi bisa mendapatkan komoditas pangan dengan harga terjangkau.

"Harga berbagai komoditas pangan yang dijual di sini (Gelar Pangan Murah) memang di bawah pasaran," kata Budi, Rabu (16/11).

Selain pangan, kata Budi, disediakan juga penjualan elpiji 3 kilogram. Soal harga, sebut Budi, dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET).

"Di sini dijual Rp16 ribu per tabung. Kami bekerja sama dengan Hiswana Migas untuk penyediaan elpijinya. Harganya terjangkau," ujarnya.

Kegiatan digelar dengan tujuan menstabilkan harga. Apalagi dengan kondisi ekonomi saat ini di tengah ketidakpastian.

"Dengan kegiatan ini kami berupaya memfasilitasi produsen atau pemasok dengan masyarakat. Biasanya pemasok langsung ke pasar, tapi kali ini kita ikutkan pada Gelar Pangan Murah," kata Budi.

Bersamaan Gelar Pangan Murah, ucapnya, difasilitasi juga bagi para pelaku UMKM. Beberapa di antara produk UMKM yang ditampilkan dinilai bisa lebih dikembangkan. "Kami ikut membantu pengembangan dan pemasaran produk UMKM. Jadi ketika mereka membuat produk, kita bantu pemasarannya," pungkasnya.

Sri, 55, warga Kelurahan Bojongherang Kecamatan Cianjur, mengaku terbantu adanya Gelar Pangan Murah karena dari harga relatif cukup murah dibandingkan di pasaran. Ia pun membeli sejumlah komoditas pokok seperti beras dan beberapa pangan lain.

"Beras cukup murah harganya. Saya beli Rp43 ribu per 5 kilogram," kata Sri. (OL-15)

Baca Juga

Dok. Astra Financial

Didukung Astra Financial, Singkawang dan Sambas Resmikan Mahligai Pesisir

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 16:02 WIB
Pembangunan gerbang pembatas yang diresmikan oleh Pemkab Singkawang dan Pemkab Sambas, mendapat dukungan dari Astra...
MI/Panji Arimurti

Serunya Aksi 1.000 Penari Jaran Kepang di Temanggung

👤Panji Arimurti 🕔Minggu 27 November 2022, 15:19 WIB
Jaran Kepang merupakan kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Diketahui, populasi penari Jaran Kepang sangat banyak di desa, termasuk...
Antara

Kemenkes Targetkan 1,2 Juta Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 27 November 2022, 15:08 WIB
Hingga saat ini, sudah ditemukan tiga kasus polio anak di Aceh. Pada Senin (28/11) besok, Kemenkes menargetkan imunisasi polio...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya