Selasa 01 November 2022, 15:43 WIB

Puluhan Warga Manggarai Timur Keracunan Makanan, Satu Orang Meninggal

mediaindonesia.com | Nusantara
Puluhan Warga Manggarai Timur Keracunan Makanan, Satu Orang Meninggal

Medcom
Ilustrasi keracunan

 

PULUHAN warga Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), keracunan usai mengonsumsi makanan dalam hajatan pesta pernikahan yang menyebabkan seorang warga meninggal dunia.
 
"Benar, ada kasus keracunan makanan yang dialami warga di Lamba Leda, dan menyebabkan puluhan orang dirawat inap dan puluhan melakukan rawat jalan serta satu meninggal dunia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur Surip Tintin ketika dihubungi dari Kupang, Selasa (1/11).
 
Peristiwa keracunan makanan yang dialami puluhan warga Lamba Leda itu terjadi setelah mereka mengikuti kegiatan hajatan pesta pernikahan di Kampung Deru, Desa Compang Deru, Kecamatan Lamba Leda pada Minggu (30/10).
 
Usai menyantap makanan dalam hajatan itu sebagian besar mengalami sakit perut, sehingga dilarikan ke Puskesmas Benteng Jawa dan beberapa puskesmas, seperti Puskesmas Bea Muring, Puskemas Weleng, dan Puskesmas Mano untuk mendapat perawatan medis.


Baca juga: Minibus Dihantam Kereta Api di Grobogan, Dua Penumpang Tewas

 
Menurut dia, para pasien yang dirawat di Puskesmas Benteng Jawa  terdapat 29 orang dan 35 pasien melakukan rawat jalan, Puskesmas Weleng terdapat lima orang, Puskesmas Beamuring tiga orang, dan Puskesmas Mano terdapat enam orang.
 
Surip mengatakan pasien yang mengalami keracunan berasal dari kegiatan yang sama, yaitu hajatan pesta pernikahan. Dugaan sementara akibat kontaminasi makanan atau air.
 
Ia mengatakan guna memastikan penyebab dan pencegahan, Dinkes telah menginstruksikan kepada petugas kesehatan keliling untuk  memastikan kualitas sumber air yang digunakan di sekitar lokasi kejadian.
 
"Apabila ada pencemaran, segera dilakukan kaporisasi pada sumber air, sehingga bisa meminimalisasi terjadi kasus serupa bagi masyarakat
setempat," kata Surip Tintin. (Ant/OL-16)

 

Baca Juga

DOK MI

UMK Muba Diusulkan Naik 7,72 Persen

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:58 WIB
BERDASARKAN hasil kesepakatan Dewan Pengupahan Kabupaten Muba, Sumsel mengenai Upah Minimum Kota (UMK) Tahun 2023, besarannya diusulkan...
ANTARA

Harga Telur Ayam Di Sidoarjo Meroket

👤Heri Susetyo 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:47 WIB
HARGA telur ayam di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan. Saat ini, harga mencapai Rp31 ribu...
DOK Sinar Mas.

Sinar Mas Dukung Penanganan Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:43 WIB
Hingga saat ini pilar bisnis Sinar Mas telah memberikan bantuan layanan medis, menyalurkan logistik berupa bahan pangan, tenda juga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya