Sabtu 01 Oktober 2022, 10:45 WIB

Petani Kopi di Lampung Apresiasi Kinerja KPK Tangkap Hakim Agung

mediaindonesia.com | Nusantara
Petani Kopi di Lampung Apresiasi Kinerja KPK Tangkap Hakim Agung

dok.ist
Sekekompok petani kopi di Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, mengapresiasi KPK yang berani menangkap hakim agung di MA, Jumat (30/

 

BERAGAM cara masyarakat desa mengungkapkan dukungan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Seperti di Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, sekelompok warga yang didominasi ibu rumah tangga petani kopi, membentang spanduk di atas hamparan jemuran kopi.

Satu spanduk berisikan dorongan semangat agar ‘anak Lontar’ itu tak lelah memburu dan menangkap koruptor. Atribut lainnya memuat ekspresi kebanggaan atas pemihakan Firli terhadap petani melalui kerja pemberantasan korupsi. "Kami Bangga Disebut Pahlawan Pangan. Kami Petani Kopi Lampung Dukung Firli Capres 2024,” bunyi tulisan dalam atribut tersebut.

Koordinator acara Rasim Muhamad membeberkan alasan pihaknya melakukan aksi tersebut. Ia bersama petani kopi lain mengaku salut dengan kepemimpinan Firli di KPK. Pasalnya, baru di era Firli kerja KPK menembus kamar sakral kekuasaan yudikatif Mahkamah Agung (MA).

"Mana ada yang berani tangkap Hakim Agung selain KPKnya Pak Firli. Hakim Agung ini lho, apalagi cuma sekelas bupati, gubernur, menteri,” kata Rasim, dalam keterangannya yang dikutip, Sabtu (1/10).

Dia menambahkan, saat ini kerja KPK juga terasa sampai ke desa-desa. Hal itu dibuktikan dengan program pembentukan Desa Antikorupsi di mana Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, termasuk salah satunya.

Melalui program itu dia menyebut gerakan antikorupsi di desa-desa mulai tumbuh di mana masyarakat semakin sadar untuk terlibat aktif mengawasi proses pembangunan.

“Pak Firli juga memihak petani, menyebut kami-kami ini pahlawan pangan,” tambah Fatimah Tarmizi, perwakilan ibu-ibu rumah tangga petani kopi.

Meski tampak sebatas kata-kata, jelas Fatimah, penyematan pahlawan pangan diakui sangat menyentuh hati para petani. Apalagi Firli menggunakan istilah itu dalam kerangka pemberantasan korupsi.

“Karena saya pernah baca beliau ancam itu koruptor, ‘jangan coba-coba ambil hak petani pasti saya tangkap dan miskinkan,” tandasnya menirukan ucapan Firli.

Tidak hanya mendukung Firli berantas korupsi, kelompok yang tergabung dalam Kumpulan Rumah Tangga Petani Kopi ini juga mendorong Firli untuk maju pada Pilpres 2024.

Mereka menilai Firli sangat tepat memimpin Indonesia ke depan karena telah terbukti berprestasi serta berpihak kepada rakyat bawah. "Sudah jelas beliau bekerja untuk rakyat macam kami ini,” ungkapnya. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA/Seno

470 Warga Dusun Sumberlangsep Terisolasi Dampak Lahar Dingin Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:11 WIB
Baru beberapa waktu lalu jembatan limpas itu dibangun kembali supaya bisa segera digunakan untuk akses jalan...
DOK.MI

Puluhan Rumah di Dua Desa Sidoarjo Rusak Diterjang Angin Kencang

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:51 WIB
Pemerintah daerah menyatakan akan hadir untuk membantu kebutuhan material guna...
DOK.PEMKABHALMAHERASELATAN

Gobel Minta Pemerintah Lindungi Kepulauan Widi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:33 WIB
Hal itu ia kemukakan menanggapi pengumuman lelang Kepulauan Widi di situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya