Senin 26 September 2022, 15:31 WIB

Mahfud tegaskan Pentingnya Jaga Kedaulatan di Wilayah Natuna

Mediaindonesia | Nusantara
Mahfud tegaskan Pentingnya Jaga Kedaulatan di Wilayah Natuna

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menkopolhukam Mahfud MD

 

UPAYA menjaga kedaulatan Indonesia atas Natuna sangatlah penting untuk mencegah terhadap ancaman infiltrasi kekuatan asing. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

“Untuk menjaga Kedaulatan Indonesia, pemerintah telah menugaskan Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) yang bertugas melaksanakan Patroli keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia,” tegas Mahfud di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Mahfud, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan, bahwa Natuna merupakan bagian integral dari wilayah kedaulatan Indonesia.

Baca juga: Kebijakan Jokowi Dorong Percepatan Hak Masyarakat atas Kepemilikan Tanah

Natuna yang terletak di Laut Natuna Utara, yang menurut versi Tiongkok sebagai Laut China Selatan, mengandung kekayaan bahan mineral seperti gas dan minyak bumi.

Perairan Laut Natuna Utara juga kaya ikan dan menjadi lalu lintas pelayaran perdagangan. Posisi yang strategis dan kekayaan sumber daya alam yang melimpah membuat Kepulauan Natuna menarik perhatian kekuatan asing.

"Selain itu ada peran diplomasi yang terus kita sampaikan kepada negara tetangga misalnya China (Tiongkok) bahwa sejatinya Kawasan Natuna adalah milik Indonesia," ujar Prof Mahfud. (RO/OL-4)

Baca Juga

Antara

PMI Suplai 136 Ribu Liter Air untuk 6 Ribu Pengungsi Gempa Cianjur

👤Lina Herlina 🕔Minggu 27 November 2022, 19:42 WIB
Untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi pengungsi gempa Cianjur, Ketum PMI Jusuf Kalla juga meminta jajarannya untuk melipatgandakan...
Dok. Pos Indonesia

Penyaluran BLT BBM Tahap 2, PKH, BNPT di Bali Berjalan Lancar, Tembus Capaian 14%

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:13 WIB
Tidak hanya menyalurkan BLT BBM tahap 2 periode November-Desember, PT Pos Indonesia juga menyalurkan PKH dan BPNT (bansos...
DOK Pribadi.

Pengelola Uang Rakyat Papua Perlu Diberi Efek Jera

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:00 WIB
Ketua PGGJ ini secara khusus meminta kepada aparat penegak hukum untuk tanpa pandang bulu menindak tegas semua pihak di Tanah Papua yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya