Senin 26 September 2022, 12:51 WIB

Kebijakan Jokowi Dorong Percepatan Hak Masyarakat atas Kepemilikan Tanah

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kebijakan Jokowi Dorong Percepatan Hak Masyarakat atas Kepemilikan Tanah

BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan sejumlah inovasi kebijakan guna mempercepat masyarakat mendapat hak atas kepemilikan tanah. Peningkatan target pencapaian menjadi langkah awal pemerintah merealisasikan target tersebut 

Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), Amir menyampaikan, langkahtepat diambil Presiden dengan menguatkan sinergi menuntaskan persoalan pertanahan masyarakat. 

Menurut Amir, dengan meningkatkan target pencapaian redistribusi sertifikat tanah kepada masyarakat akan menciptakan banyak dampak positif. Salah satunya kian menjamin  ha tanah masyarakat terutama di daerah.

"Untuk bisa merealisasikan perintah pak presiden kepada pak menteri kami karena target satu juta menjadi lima juta," kata Amir.

Lebih lanjut dia menyebut, agar capaian tersebut dapat direalisasikan Program Reformasi Agraria akan terus dioptimalkan. Didukung dengan penguatan sumber daya manusia (SDM) serta sarana dan prasarana yang telah disiapkan pemerintah. 

Lebih jauh, dia menilai, pengukuran tanah menjadi faktor yang cukup penting dalam persoalan pertanahan. Agar setiap jengkal ukuran tanah yang akan disertifikasikan sesuai kepemilikan sah tak tercampur dengan wilayah orang lain.

"Pak menteri (ATR/BPN) banyak melakukan terobosan dengan membuka peluang swasta pun bisa melakukan pengukuran di BPN," kata Amir.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)  Hadi Tjahjanto, mengatakan pembagian sertifikat tanah tersebut merupakan bagian dari stimulus untuk meningkatkan perekonomian rakyat seiring dengan menurunnya angka kasus covid-19.

"Karena dengan sertifikat tanah, rakyat berkesempatan mendapatkan akses permodalan, di samping ada kepastian hukum tentang tanah mereka," ujar Hadi. (OL-8)

Baca Juga

Ist

Pakar UGM: Kegentingan Memaksa Perppu Ciptaker Merupakan Diskresi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:40 WIB
Dia bahkan mencatat beberapa Perppu sebelumnya juga sama sekali tak menjelaskan soal kegentingan...
ANTARA

Erick Thohir Sosok Cawapres Kunci Pemenangan Pilpres 2024

👤Widhoroso 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:35 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok calon wakil presiden (cawapres) yang memiliki bekal lengkap bertarung di pemilihan presiden...
dok.kementerian BUMN

Capaian Prestasi dan Logistik Potensi Erick Thohir Kuat sebagai Cawapres

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:17 WIB
BERBAGAI capaian gemilang Menteri BUMN Erick Thohir berdampak positif pada tingkat kenaikan elektoral sebagai calon wakil presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya