Jumat 09 September 2022, 17:40 WIB

'Candi' Tridharma, Objek Wisata Baru Di Utara Cianjur

Benny Bastiandy | Nusantara

MI/Benny Bastiandy
Candi Tridharma Cianjur, Jawa Barat

 

KAWASAN utara Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, identik dengan wisata alam. Kondisi tersebut lantaran karakteristik wilayah yang berhawa sejuk karena berada di kaki Gunung Gede Pangrango.

Banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di kawasan utara Cianjur itu. Satu di antaranya di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet

Di wilayah ini terdapat bangunan candi. Namun, candi ini bukan peninggalan zaman kerajaan. Tapi bangunan yang diberi nama Candi Tridharma ini dibangun pada era sekarang.

Tak diketahui persis sejarah pembuatan atau pembangunan candi itu. Konon kata warga sekitar pembangunannya tidak mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat serta mendapat penolakan dari masyarakat.

Berada di kawasan lahan tanaman hortikultura, keberadaan candi yang pembangunannya terbengkalai itu kini jadi lokasi baru bagi masyarakat. Tak sedikit masyarakat atau wisatawan yang sengaja datang hanya sekadar berfoto atau kongko di tempat itu.

"Pembangunan candi ini sekitar tahun 1990-an. Tapi pembangunannya enggak diterusin," kata Asep, warga sekitar, belum lama ini.

Meskipun kabarnya tak mendapat izin, tetapi bangunannya masih kokoh berdiri. Malahan, sebut Asep, sekarang banyak dikunjungi masyarakat yang ingin berfoto karena di tempat itu memiliki latar belakang pemandangan yang cukup indah.

"Kalau dilihat sih pembangunannya sudah mencapai 80%. Tapi sekarang jadi wisata baru. Banyak masyarakat yang ingin berfoto di candi karena berlatar Gunung Gede," terang Asep.

Tak ada retribusi tarif masuk bagi wisatawan atau masyarakat yang ingin berkunjung ke Candi Tridharma. Ini juga lantaran Candi Tridharma bukan merupakan objek atau kawasan wisata. Pengunjung hanya dikenai biaya Rp5 ribu untuk membayar parkir kendaraan roda dua. (OL-15)

Baca Juga

DOK Humas Pemkab Lamongan

Lestarikan Makanan Khas, Pemkab Lamongan Gelar Festival Kuliner

👤M Yakub 🕔Rabu 28 September 2022, 21:51 WIB
PEMKAB Lamongan, Jatim, mengelar Festival Kuliner Lamongan yang menyajikan jajanan khas daerah...
MI/Haryanto

Ganjar Minta Pendataan Sertifikasi Tanah Dipercepat

👤Haryanto 🕔Rabu 28 September 2022, 21:48 WIB
KETUA Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta penataan ruang, redistribusi tanah dan sertifikasi tanah...
MI/BAYU ANGGORO

Jawa Barat Gencar Lawan Rabies

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 28 September 2022, 21:45 WIB
Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, monyet, musang, dan hewan peliharaan lain yang berpotensi menularkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya