Selasa 02 Agustus 2022, 20:17 WIB

Polisi Tetapkan Satu Tersangka Penggerak Unjuk Rasa di Labuan Bajo

John Lewar | Nusantara
Polisi Tetapkan Satu Tersangka Penggerak Unjuk Rasa di Labuan Bajo

MI/JOHNLewar
Puluhan pelaku pariwisata Labuan Bajo yang berunjuk rasa ditahan Polres Manggarai Barat, NTT, Senin (1/8).

 

TIGA orang penggerak demonstran pelaku pariwisata di Labuan Bajo masih ditahan aparat kepolisian resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Satu orang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Demikian pernyataan resmi yang disampaikan Kapolres Manggarai Barat Ajun Komisaris Besar Felli Hermanto saat menggelar jumpa pers di Mapolres Selasa (2/8) didampingi Karo Ops Polda NTT Kombes Widoni Fedri dan Direskrimsus Polda Kombes Patar Silalahi.

Kapolres menegaskan dalam aksi demonstran yang terjadi pada Senin (1/8) kemarin pihaknya menetapkan satu orang menjadi tersangka yakni berinisial RT, sedangkan dua lainnya, LS dan ES, menunggu proses pemeriksaan lebih lanjut.

Adapun satu orang lagi, yakni AH, yang juga diduga sebagai provokator unjuk rasa masih dalam pencarian.

"Waktu demo kemarin itu berdasarkan bukti-bukti yang cukup, satu orang ditetapkan sebagai tersangka, sementara dua lainnya masih menjalani pemeriksaan," ujar Kapolres.

Terkait aksi unjuk rasa pelaku pariwisata NTT kemarin, lanjut Felli, pihaknya telah melakukan upaya paksa, tindakan tegas kepada beberapa yang diduga sebagai provokator.


Baca juga: Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Sikka Ibarat Fenomena Gunung Es


"Mereka dikenakan pasal 14 UU No 1 Tahun 1946 tentang perlakuan hukum pidana, atau pasal 336 ayat 1 dan 2 KUHP tentang kejahatan yang menimbulkan bahaya umum bagi orang atau barang yang ancamannya 10 tahun penjara," terangnya.

Ketiga orang itu, tambah Felli, sementara masih ditahan di Mapolres.

"Ketiganya dinaikkan statusnya ke penyidikan, saksinya ada dua. Pemeriksaan masih berlanjut dan kemungkinan bisa ada tambahan setelah ada pengembangan pemeriksaan, nanti kita lihat ke depannya," ucap Felli.

Kapolres juga menegaskan bahwa tersangka dan dua rekan lainnya serta satu orang DPO akan tetap menjalani pemeriksaan di Polres Manggarai Barat, tidak diserahkan ke Polda NTT.

Sebelumnya, sebanyak 45 dari 46 orang pelaku pariwisata berunjuk rasa di kawasan Labuan Bajo ditahan aparat kepolisian Senin kemarin. Hari ini, petugas membebaskan dan memulangkan 42 pendemo dengan mewajibkan seluruhnya untuk lapor setiap hari.

"Setelah konferensi pers ini dengan penetapan tersangka, ke-42 orang lainnya bisa dipulangkan dengan syarat wajib lapor," tegas Kapolres. (OL-16)

Baca Juga

MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...
DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya