Kamis 28 Juli 2022, 13:45 WIB

Hampir 50% Perusahaan di Cianjur Belum Daftarkan Jamsostek

Benny Bastiandy | Nusantara
Hampir 50% Perusahaan di Cianjur Belum Daftarkan Jamsostek

dok.Ant
Suasana kerja disalah satu industri menengah.

 

KEPESERTAAN jaminan sosial para pekerja sektor industri di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, relatif masih cukup rendah. Karena itu, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi setempat terus mendorong perusahaan mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Yani Yuliawati, mengatakan dari belasan ribu pekerja sektor industrial di Kabupaten Cianjur, belum separuhnya yang sudah tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Yani menduga ada beberapa faktor yang menyebabkan cakupan kepesertaan jaminan sosial masih
cukup rendah.

"Memang persentasenya masih kecil menurut data dan informasi BPJS Ketenagakerjaan. Dari jumlah pekerjaan belasan ribu orang, 50% juga mungkin belum," kata Yani di sela kegiatan diseminasi jaminan sosial bagi pekerja sektor industrial, Kamis (28/7).

Di Kabupaten Cianjur sendiri terdapat hampir 600-an perusahaan yang terdiri dari skala besar, sedang, dan kecil. Yani menegaskan kepesertaan jaminan sosial menjadi hal wajib karena diatur undang-undang.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan karena manfaatnya untuk mereka juga (pekerja) dalam rangka kesejahteraan dan perlindungan," ujarnya.

Yani menuturkan sesuai aturan perundang-undangan ada sanksi bagi perusahaan yang tidak mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pihaknya, lanjut Yani, terus menyosialisasikan dan mengimbau perusahaan taat terhadap aturan.

"Bagaimana pun ini kan aturan perundangan-undangan dan kami terus sosialisasikan kepada perusahaan," sebutnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cianjur, Waluyo Suparto, menambahkan upaya meningkatkan kepesertaaan BPJS Ketenagakerjaan terus dikoordinasikan dengan Disnakertrans serta para pemangku kebijakan lain.

"Kami terus informasikan kepada perusahaan-perusahaan agar mendaftarkan kepesertaan," ujar Waluyo.

Waluyo menuturkan banyak manfaat yang diperoleh sebagai peserta Jamsostek terutama dari sisi perlindungan jaminan hari tua. Waluyo tak memungkiri banyak yang belum mengetahui manfaat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami terus meningkatkan kepesertaan jangan sampai warga Cianjur ketika mengalami kecelakaan kerja tidak ada jaminan," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Lindungi Pekerja Konstruksi dengan BPJS Ketenagakerjaan

Baca Juga

Ist

Komitmen Hasnur Group Menjalankan Bisnis Berkelanjutan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 05:30 WIB
Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari, Hasnur Group merespons tuntutan global agar dapat menjaga kenaikan suhu bumi tidak...
DOK MI

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:52 WIB
RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat...
DOK MI

DCF 2022 Digelar 2-4 September

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:46 WIB
SETELAH digelar secara virtual karena pandemi Covid-19, ajang Dieng Culture Festival (DCF) 2022 akan dilaksanakan secara tatap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya