Senin 09 Mei 2022, 10:30 WIB

Mantan Kades dan Bendahara di Kepulauan Talaud Ditahan Diduga Korupsi DD

Voucke Lontaan | Nusantara
Mantan Kades dan Bendahara di Kepulauan Talaud Ditahan Diduga Korupsi DD

MI/Voucke Lontaan
Kepala Bidang Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast

 

DUA oknum mantan aparat desa di Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), mendekam dalam tahanan Polres setempat. Dua oknum tersebut berinisial, BR, 50, mantan kepala desa dan Bendahara berinitial, WT, 43, diduga melakukan korupsi dana desa (DD).

Kepala Bidang Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast, Minggu (8/5), mengatakan, kedua oknum mantan aparat desa itu diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dana desa T.A. 2017 hingga 2019.

"Oknum mantan Kepala Desa berinisial BR (50) dan Bendahara berinisial WT (43) sudah ditahan sejak 6 Mei 2022 di Rutan Polres," ujarnya.

Menurut Jules, dalam pengelolaan keuangan, kedua mantan aparat desa tersebut tidak menaati aturan dan regulasi keuangan yang semestinya, dan diduga telah memanfaatkan dana desa untuk kepentingan pribadi.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud, kasus ini menyebabkan terjadinya kerugian keuangan negara sebesar Rp. 480 juta," ujarnya.

Para tersangka lanjut Jules, dijerat dengan Pasal 2 (1) atau Pasal 3 UU RI No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor Jo Pasal 55 (1) ke- 1e KUHPidana.

"Ancaman pidananya adalah pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp1 miliar," tegas Jules. (OL-13) 

Baca Juga: Usai Libur Lebaran 50% ASN Kemendagri Berkerja Dari Rumah, Ini Alasannya

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Mantan Napiter dan Kombatan Di Tasikmalaya jadi Petugas Pengibar Bendera

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:10 WIB
SEBANYAKk 75 orang mantan Narapidana Teroris dan Kombatan menjadi petugas dan pengibar bendera merah putih di HUT Kemerdekaan ke 77 di...
MI/Dwi Apriani

Bendera Merah Putih Raksasa Selimuti BKB Palembang

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 17:08 WIB
Bendera Merah Putih seluas 3.000 meter persegi dijahit langsung oleh 1.529 pelajar dalam lima hari. Lalu, dibentangkan di pelataran...
ANTARA

Kepemimpinan Jokowi Perkuat Komitmen Kebinekaan Wujudkan Stabilitas Politik Nasional

👤Widhoroso 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:44 WIB
PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mempunyai komitmen tinggi mengaplikasikan nilia-nilai kebinekaan dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya