Senin 25 April 2022, 22:20 WIB

Daerah Tujuan Mudik Bersiap Urai Kemacetan

Gana Buana | Nusantara
Daerah Tujuan Mudik Bersiap Urai Kemacetan

DOK IST
Diskusi daring bertema "Berkah Mudik untuk Daerah" yang digelar FMB9.

 

JUMLAH orang pemudik pada lebaran tahun ini diprediksi mencapai 85,5 juta jiwa orang. Pemerintah meminta agar pemerintah daerah tujuan bersiap untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

Merujuk pada hasil survei yang dilakukan Litbang Kementerian Perhubungan RI, diprediksi sebanyak 21,3 juta orang akan melakukan mudik dengan daerah tujuan Jawa Tengah. Disusul Jawa Timur dengan prediksi pemudik mencapai 14,9 juta. Serta Sumatera Selatan yang diperkirakan akan kedatangan pemudik sebanyak 1,3 juta orang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan, pihaknya sudah siap menyambut para pemudik yang datang ke Jawa Tengah. Bahkan pihaknya juga siap melayani para pemudik yang akan melintas dari Jakarta ke Jawa Timur yang diperkirakan mencapai 16,8 juta orang.

"Jadi secara keseluruhan, di Jawa Tengah ini pada prinsipnya sudah siap semua. Karena memang nanti termasuk rencana pemberlakuan one way itu kan nanti berakhir di KM 141, Kali Kampung," kata Henggar dalam acara diskusi daring bertema ‘Berkah Mudik untuk Daerah’ yang digelar FMB9, Senin (25/4).

Pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skenario untuk diterapkan dalam rangka mengatasi masalah kemacetan di jalur alternatif. Saat ini, kata Henggar, ada lima ruas jalan yang dapat digunakan pemudik untuk melintas dari ujung timur ke barat Pulau Jawa dan sebaliknya. Antara lain jalan Pantura, jalan tol, jalur tengah dan jalur Pansela serta jalur lingkar selatan- selatan.

"Ada lagi salah satu jalur yang saat ini, kemarin pak KemenPUPR sudah mulai mempublikasi mengharapkan banyak dilewati oleh para pemudik yakni jalur lingkar selatan-selatan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono mengatakan Pemda Jatim telah melakukan sejumlah persiapan menyambut mudik lebaran tahun ini. Terakhir, Gubernur bersama Pangdam, Kapolda dan unsur Forkopimda se-Jatim telah menggelar rapat persiapan.

Baca juga: Legislator : Langkah Polri Beri Harapan Bagi Korban Indosurya

"Kesiapan sudah beberapa kali. Bu Gubernur bersama Pangdam, Kapolda dan Forkopimda Se-Jatim hadir terakhir kemarin rapat untuk persiapan mudik lebaran 2022," kata Hudiyono.

Ia mengatakan, Pemprov Jawa Timur juga menyediakan 10 bus gratis bagi warga Jawa Timur yang saat ini merantau di Jakarta. Bis tersebut, katanya, siap mengantar para pemudik ke kabupaten atau kota di Jawa Timur. Agenda ini dilaksanakan besok, Selasa (26/4).

Selanjutnya, lanjut Hudiyono, Pemprov Jawa Timur sudah menyiapkan sejumlah daftar desa wisata dan desa devisa. Hal ini untuk memantik pemulihan ekonomi daerah tersebut.

"Ada desa wisata dan ada desa devisa di berbagai titik di Jawa Timur. Sehingga ekonomi di desa dan kelurahan di Jawa Timur bisa benar-benar hidup," paparnya.

Pada setiap titik desa wisata dan desa devisa, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipatif preventif. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid- 19.

Pemprov sudah berkoordinasi dengan para kepala daerah untuk mewajibkan pemasangan barcode bagi warga di lokasi wisata. Serta mewajibkan membatasi jumlah pengunjung.

"Ada lagi salah satu jalur yang saat ini, kemarin pak KemenPUPR sudah mulai mempublikasi mengharapkan banyak dilewati oleh para pemudik yakni jalur lingkar selatan-selatan," tambah dia. (R-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Chairul Rohman

Sandal Kayu Mahoni dari Tasikmalaya Rambah Pasar Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:08 WIB
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polisi Temukan Puluhan Ternak Terinfeksi PMK di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:55 WIB
Setelah dipastikan tertular PMK, hewan-hewan ternak tersebut kini sudah diisolasi dan ditangani mantri...
dok.ist

Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:53 WIB
POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membongkar kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, melibatkan HY (37) dan UN (40) warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya