Rabu 06 April 2022, 17:37 WIB

Pemkot Bandung Komitmen Jaga Ruang Terbuka Hijau

Naviandri | Nusantara
Pemkot Bandung Komitmen Jaga Ruang Terbuka Hijau

ANTARA/Raisan Al Farisi
Taman Tegalega, Bandung, Jawa Barat.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat berkomitmen menjaga ruang terbuka hijau (RTH) termasuk akan mengembangkan rimba kota hingga roof garden. Komitmen tersebut bagian dari Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bandung 2022-2042.

Rencana itu diungkapkan Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat memaparkan rancangan Perda RTRW Kota Bandung 2022-2042 pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka pembahasan Raperda tentang RTRW. "Untuk pemenuhan RTH, ada surat pernyataan mengenai komitmen dalam Raperda RTRW Kota Bandung. Meliputi pengembangan rimba kota, taman kota, taman kecamatan, RTH, jalur hijau dan roof garden," kata Yana, Rabu (6/4).

Menurutnya Pemkot Bandung akan mengupayakan penyediaan RTH publik, pemanfaatan lahan terlantar publik, pemulihan kembali ruang terbuka, inventarisasi aset pemerintah sebagai RTH, penyediaan lahan untuk pemakaman, penataan kawasan sempadan sungai. Kawasan strategis kota itu meliputi, sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya dan juga daya dukung lingkungan.

"Selain itu, Pemkot Bandung juga memaparkan tentang rencana pusat pelayanan publik, nantinya  Kota Bandung akan memiliki dua Pusat Pelayanan Kota/kawasan (PPK) yaitu Alun-alun dan Gedebage. Sedangkan untuk Sub Pusat Pelayanan Kota/kawasan (SPPK) bakal hadir di sejumlah titik," jelasnya.

Untuk SPPK berada di Setrasari, Pahlawan, Leuwipanjang, Maleer, Arcamanik, Ujung Berung, Kordon dan  Derwati. Perlu diketahui, lanjut Yana, bahwa rapat koordinasi lintas sektor tersebut merupakan salah satu proses yang harus dilalui oleh Pemerintah Daerah berdasarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 11 Tahun 2022.

"Kota Bandung menjadi daerah target percepatan penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi untuk memfasilitasi kegiatan strategis dan guna mewujudkan iklim investasi yang ramah. Melalui perencanaan tata ruang wilayah provinsi dan Kota. Selain Kota Bandung, ada juga Kota Bekasi dan Kabupaten Sampang Jawa Timur," tambahnya.

Yana juga menerangkan, nantinya diharapkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah sebagaimana tertuang dalam misi ketiga dapat tercapai. (OL-15)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Pada Pedagang Warung Kopi Tertua di Desa Sembungan Wonosobo

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:44 WIB
Mulanya Hartono mengajak Sandiaga untuk mampir ke warungnya usai melihat kuliner carica. Di sana, Sandiaga disuguhkan kopi dan tempe...
MI/DJOKO SARDJONO

Omah Sambung Klaten Menggelar Festival Pelajar Pancasila

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:40 WIB
Penyelenggaraan Festival Pelajar Pancasila dalam rangka peringatan Hari Lahir Bung Karno, Bulan Bung Karno, dan Hari Bhayangkara...
Dok. Pribadi

Ganjar Pranowo Dinilai Mak Ganjar Kalbar Mampu Wujudkan Emansipasi Wanita

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:39 WIB
"Kalau bagi emak-emak, Pak Ganjar Pranowo adalah sosok yang sangat peduli terhadap komunitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya