Kamis 10 Maret 2022, 19:37 WIB

Bencana Hidrometeorologi Terjang Wilayah Utara Kebupaten Sukabumi

Benny Bastiandy | Nusantara
Bencana Hidrometeorologi Terjang Wilayah Utara Kebupaten Sukabumi

Medcom
Ilustrasi

 

BENCANA hidrometeorologi menerjang wilayah utara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (9/3) petang. Setidaknya terdapat ratusan rumah yang rusak akibat terjadi puting beliung, banjir, dan tanah longsor tersebar di Kecamatan Parungkuda dan Nagrak.

Koordinator Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi, Nanang Sudrajat, menjelaskan hasil pendataan, di Kecamatan Parungkuda terjadi bencana puting beliung, banjir, dan tanah longsor. Terdapat 59 kepala keluarga atau 230 jiwa yang terdampak bencana tersebut.

Rinciannya, di Desa Pondoklandeuh terdapat 17 rumah, di Desa Palasarihilir terdapat 20 unit rumah, dan di Desa Bojongkokosan sebanyak 8 unit yang terendam banjir. Sedangkan di Desa Sundawenang terdapat 10 rumah yang rusak akibat angin puting beliung.

"Terdapat juga 1 rumah rusak akibat tanah longsor di Desa Pondokkaso Landeuh dan 3 unit di Desa Bojongkokosan dan Desa Langensari," terang Nanang, Kamis (10/3).

Dari jumlah warga terdampak, sebanyak 3 kepala keluarga atau 10 jiwa mengungsi sementara ke tempat lebih aman.

Kondisi serupa terjadi di Kecamatan Nagrak. Terjadi puting beliung yang menyebabkan 90 unit rumah warga di Kampung Sinagarkolot Desa Nagrak Utara yang rusak.

"Sebanyak 15 unit rumah kondisinya rusak berat, 67 unit rumah rusak sedang, dan 8 unit rumah rusak ringan," tutur Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miki.

BPBD bersama pemerintah desa setempat telah membentuk posko manajemen logistik untuk menyalurkan bantuan sembako, perlengkapan tidur, dan kebutuhan lainnya. Saat ini rumah warga yang tingkat kerusakannya dikategorikan ringan mulai diperbaiki. "Masyarakat bergotong-royong memperbaikinya," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

 ANTARA/Fikri Yusuf

Mati Mesin, KMP Nusa Dua Terseret Arus di Perairan Gilimanuk

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 26 Juni 2022, 12:20 WIB
Seluruh penumpang berhasil terevakuasi dalam keadaan selamat, dan selanjutnya diantarkan ke Pelabuhan Gilimanuk menggunakan kendaraan ASDP...
MI/MARCEL KELEN

Belum Ada Temuan PMK di Papua, Pemerintah Daerah Larang Ternak dari Luar pada Idul Adha

👤Marcel Kelen 🕔Minggu 26 Juni 2022, 11:25 WIB
Dinas Pertanian dan Pangan Papua berharap penyakit PMK tidak terjadi di...
MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya