Rabu 09 Maret 2022, 19:56 WIB

Wilayah Bogor Timur Sudah Layak Jadi Kabupaten Tersendiri

Widhoroso | Nusantara
Wilayah Bogor Timur Sudah Layak Jadi Kabupaten Tersendiri

Ist
Diskusi realisasi berdirinya Kabupaten Bogor Timur.

 

WILAYAH Bogor Timur, Jawa Barat dinilai sudah pantas menjadi sebuah kabupaten tersendiri. Saat ini, Bogor Timur merupakan bagian dari Kabupaten Bogor. Masyarakat Bogor Timur dan Barat sudah lama meminta pemerintah untuk menyetujui dan segera merealisasikan pembentukan Kabupaten Bogor Timur dan Bogor Barat.

Hal itu disampaikan pengamat kebijakan publik yang juga dosen Institut STIAMI dan UI, Eman Sulaeman Nasim usai diskusi realisasi berdirinya Kabupaten Bogor Timur, di Bogor. Hadir dalam diskusi tersebut antara lain, Ketua Dewan Pembina Presidium Pembentukan Kabupaten Bogor Timur Sulasmo, Ketua Umum Presiden Pembentukan Bogor Timur Al Hafiz Rana, dan bendahara umum  Presidium Pembentukan Bogor Timur, Darda Hendarto.

"Kabupaten Bogor memiliki daerah yang sangat luas. Akibatnya pembangunan tidak merata. Dampak turunannya banyak infrastruktur dasar yang kurang perhatian sehingga kurang terawat dan hancur. Masyarakatnya juga masih banyak yang kurang sejahtera," ujar Eman.

Lebih lanjut Eman menjelaskan, puluhan tahun lalu permintaan pemekaran Wilayah Kabupaten Bogor diajukan masyarakat Bogor Barat dan Bogor Timur. Ketua Dewan Pengawasan Yayasan Ikastusi Cileungsi Bogor itu menambahkan, saat ini masyarakat Kabupaten Bogor khususnya Bogor Timur kembali meminta pemerintah dan DPR RI, untuk segera merealisasikan pembentukan Kabupaten Bogor Timur.

Ia mengatakan DPRD Kabupaten Bogor dan DPRD Provinsi Jawa Barat sudah menyetujuinya dan Bupati Bogor Ade Yasin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menyampaikan dukungan pembentukan Kabupaten Bogor Timur. "Dukungan Bupati Bogor dan Gubernur Jawa Barat bukan tanpa alasan. Selain pendapatan asli daerah (PAD) Bogor Timur sudah lebih dari cukup, luas wilayah dan jumlah penduduk juga sangat memadai, untuk dijadikan Kabupaten Bogor Timur, terpisah dari wilayah induknya, Kabupaten Bogor,” tegas Eman.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pembina Presidium Pembentukan Kabupaten Bogor Timur, Sulasmo menyampaikan wilayah Bogor Timur merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi besar di Kabupaten Bogor. Selain kawasan industri, Bogor Timur juga memiliki beragam perumahan mewah, kawasan pariwisata, dan pertanian.

"Sayangnya, masyarakat Bogor Timur masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Jika, Bogor Timur sudah menjadi pemerintahan Kabupaten Bogor Timur yang terpisah dari Kabupaten Bogor, pemerintahnya bisa lebih fokus dalam menata pembangunan sekaligus mensejahterakan warga Bogor Timur," papar Sulasmo (RO/OL-15)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Hub.id Accelerator 2022 di Makassar Akselerasi Startup Indonesia Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 10:45 WIB
Kota Makassar menjadi salah satu kota yang dikunjungi dalam moment roadshow kali ini setelah Yogyakarta, Medan, Surabaya, Bandung,...
ANTARA/Bayu Pratama S

Basarnas Ukur Potensi Bahaya Kawasan Bendungan Tapin

👤Denny Susanto 🕔Rabu 06 Juli 2022, 10:41 WIB
Keberadaan Bendungan Tapin, yang belum lama ini diresmikan Presiden Joko Widodo, menjadi perhatian utama dalam hal antisipasi dan...
MI/Palce Amalo

Di 2023, Pemkab Garut Targetkan Stunting Maksimal 14 Persen

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 10:15 WIB
PEMKAB Garut, Jawa Barat menargetkan angka stunting tahun depan (2023) maksimal berada di angka 14...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya