Minggu 13 Februari 2022, 16:19 WIB

Malaysia Melirik Peluang Investasi di Sulawesi Tengah

 M. Taufan SP Bustan | Nusantara
Malaysia Melirik Peluang Investasi di Sulawesi Tengah

ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Alat berat memasukkan hasil tambang berupa batu ke dalam tongkang di Kawasan Pertambangan di Palu, Sulawesi Tengah.

 

KEDUTAAN Besar Malaysia melirik investasi yang menjanjikan di Sulawesi Tengah. Negeri jiran itu pun berencana menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat.

Perwakilan Kedubes Malaysia, Sekretaris Pertama Ammil Afiq bin Jasim mengatakan, kedatangan rombongan mereka ke Palu ibu Kota Sulteng, bertujuan menjalin hubungan kerja sama antara Malaysia dan Indonesia, termasuk potensi pelbagai komoditas serta peluang investasi di Sulteng.

“Indonesia khususnya Sulteng, memiliki pelbagai potensi hasil pertambangan. Demikian pula hasil bumi yang bagus, baik dari segi pertanian dan perkebunan,” terangnya, dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia di Palu, Minggu (13/2).

Baca juga20 Orang Terseret Arus Pantai Payangan Jember Saat Ritual

Menurut Ammil, kunjungan rombongan Kedubes Malaysia ke Sulteng, juga adalah untuk menjalin silaturahmi serta sharing pikiran antara Malaysia dan Indonesia, sekaligus melihat secara dekat pembangunan di Sulteng, khususnya di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala serta Parigi Moutong seusai dilanda bencana alam gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi pada tahun 2018 lalu.

Ia bersyukur, atas perkembangan pembangunan di Sulteng pascabencana.

“Pascagempa dan tsunami, beberapa perusahaan dari Malaysia turut mengambil bagian dan memberikan sumbangan, guna pembangunan masjid dan sekolah sebanyak RM5 juta,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir menyambut baik rencana kerja sama antara Kedubes Malaysia dengan Pemerintah Sulteng.

Menurutnya, Sulteng memiliki beberapa komoditas unggulan di pelbagai sektor, seperti pertambangan, perkebunan, pariwisata dan sektor lainnya.

Untuk sektor pertambangan, misalnya Sulteng memiliki aneka jenis hasil pertambangan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Termasuk sektor perkebunan Sulteng juga memiliki aneka komoditas unggulan, misalnya durian montong, pisang dan sebagainya.

Sedangkan mentara sektor pariwisata, Sulteng disebut memiliki pelbagai lokasi objek wisata yang layak dikunjungi.

“Kami tinggal menunggu di bidang mana saja Malaysia ingin menjalin kerjasama atau mau berinvestasi,” tandas Ma’mun. (TB/OL-09)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Lomba Balap Karung di Tasikmalaya Telan Korban Jiwa

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 11:10 WIB
PERLOMBAAN balap karung di Kampung Gunung Bubut, Kelurahan Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jabar menelan satu korban...
dok.ist

Milenial Garut Rayakan HUT Ke-77 RI Gemakan Inspirasi Ganjar

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:52 WIB
SEBANYAK 52 tenda UMKM turut meramaikan Konser Milenial Memperingati HUT ke-77 RI yang diadakan di Wisata Kuliner Kerkof, Jalan Merdeka,...
MI/Gabriel Langga

Hore! Proyek Tol Listrik di Pulau Flores Sudah Terinterkoneksi

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 08:50 WIB
PERUSAHAN Listrik Nasional (PLN) akhirnya menyelesaikan proyek tol listrik di wilayah Pulau Flores,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya