Selasa 21 Desember 2021, 16:00 WIB

Dekranasda Memiliki Peran Strategis Dalam Promosi Produk Kerajinan Klaten

Djoko Sardjono | Nusantara
Dekranasda Memiliki Peran Strategis Dalam Promosi Produk Kerajinan Klaten

MI/ Djoko Sardjono
Ketua Dekranasda Klaten, Endang Samiasih Rahayu, melantik dan mengukuhkan pengurus baru Dekranasda Klaten.

 

DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Klaten, Jawa Tengah, memiliki peran strategis dalam mendukung promosi produk kerajinan daerah.

Sementara itu, Klaten merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi hasil kerajinan, seperti payung, lurik, dan batik. Mayoritas ini produk usaha UMKM.

Hal itu dikatakan Bupati Sri Mulyani pada pelantikan dan pengukuhan pengurus Dekranasda Klaten periode 2021-2026 di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (21/12). Pengurus baru dilantik oleh Ketua Dekranasda Klaten, Endang Samiasih Rahayu, dengan disaksikan Eko Partono, selaku Sekretaris Dekranasda Jawa Tengah.

Menurut Sri Mulyani, Gedung Dekranasda Klaten kini dijadikan tempat menampung, ruang pamer, dan ajang promosi potensi produk kerajinan unggulan di Klaten.

Untuk menarik pengunjung, ruang pamer Dekranasda Klaten sebagai tempat promosi produk  kerajinan, diharapkan produk-produk yang ditampilkan lebih kreatif.

Pemkab Klaten mendorong pengembangan dan promosi hasil kerajinan. Bahkan, ada kebijakan tamu luar daerah diagendakan mengunjungi ruang pamer Dekranasda Klaten.

Promosi produk kerajinan terus digaungkan selama ini. Namun, masa pandemi virus korona ini kegiatan pameran dan promosi ditiadakan untuk mencegah kerumunan. ''Nah, untuk promosi lurik dan batik, Pemkab Klaten ada kebijakan tiap hari Selasa ASN wajib mengenakan seragam batik, dan Kamis seragam lurik,'' ujarnya.

Bupati Sri Mulyani berharap pengurus baru Dekranasda Klaten mampu menggiatkan dan mengembangkan usaha industri kerajinan untuk meningkatkan daya saing daerah.

Dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus baru Dekranasda Klaten, juga diisi dengan fesyen yang menampilkan produk batik dan lurik tradisional Klaten. (JS/OL-10)

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Mobil Pikap Masuk Jurang 10 Meter, Delapan Meninggal Dunia

👤Kristiadi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:50 WIB
Mobil pikap bernomor polisi E 8393 VJ yang ditumpangi 14 warga Kampung Burujul, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terjun bebas hingga masuk...
MI/Haryanto

Lampaui Nasional, Ini Resep Ganjar Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jateng

👤Haryanto 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:45 WIB
BPS Jateng merilis pertumbuhan ekonomi di Jateng mencapai 5,66 persen pada kuartal II tahun 2022. Pertumbuhan ini lebih baik dari angka...
Ist

Sandiaga Uno Jalin Mitra Strategis untuk Majukan Ekonomi di Gampong Ulee Lheue

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:43 WIB
Wisata religi menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang datang ke Desa Wisata Gampong Ulee Lheue di Kecamatan Meuraxa, Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya