Selasa 07 Desember 2021, 22:17 WIB

Polda Jabar Tetap Terapkan Pembatasan Mobilitas Saat Libur Nataru

Depi Gunawan | Nusantara
Polda Jabar Tetap Terapkan Pembatasan Mobilitas Saat Libur Nataru

DOK MI
Aturan ganjil genap.

 

PEMERINTAH batal menerapkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Meski demikian, Polda Jawa Barat  akan tetap melaksanakan pembatasan mobilitas masyarakat dengan memberlakukan ganjil genap dan check point di sejumlah wilayah.

"Pemerintah sudah menyampaikan terkait pembatalan PPKM level 3, namun untuk Polda Jabar, terkait Natal dan Tahun Baru itu kita mungkin memberlakukan genap ganjil kemudian melakukan check point," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi Adrimulan Chaniago di Polres Cimahi,
Selasa (7/12).

Tindakan yang dilakukan kepolisian yaitu dengan pemeriksaan surat bebas Covid-19 bagi masyarakat luar daerah. Jika belum divaksin, pihaknya menyediakan gerai vaksinasi di setiap titik check point.

Menurut Erdi, pembatasan mobilitas masyarakat saat libur Nataru perlu dilakukan mengingat di wilayah Jawa Barat terdapat ratusan objek wisata yang berpotensi ramai dikunjungi masyarakat dan rawan menimbulkan kerumunan massa.

"Contohnya Lembang, Pangandaran dan Puncak Bogor. Polri bekerjasama dengan TNI beserta Pemda setempat di seluruh Jabar akan melakukan pengawasan," tuturnya.

Diharapkan, seluruh unsur terkait bisa sinergis untuk menghadapi lonjakan masyarakat yang akan menghabiskan waktu libur panjang akhir tahun. "Setiap daerah banyak tempat wisata, tentunya Polres bersama TNI kemudian Muspida lakukan check point, sosialisasi. Khususnya di tempat wisata yang bakal dipadati masyarakat," ujar Erdi.

Untuk pola pengetatan dan pengawasan di objek wisata, lanjut Erdi, akan disesuaikan dengan skala level PPKM di masing-masing daerah di Jawa Barat. "Tempat wisata akan menyesuaikan, apakah daerah tersebut masuk PPKM level 1, 2, 3 bahkan 4. Kita melihat dari situasi yang ada," jelasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Antara

51.606 Anak Jadi Sasaran Vaksinasi di Aceh Timur

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:46 WIB
Pemkab Aceh Timur menargetkan seribu anak yang ikut vaksinasi setiap...
MI/BAYU ANGGORO

Pemprov Jawa Barat Promosikan Kemandirian Pesantren Lewat Film Televisi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:35 WIB
Lokasi pengambilan gambar FTV ini dipilih di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Ciwidey, di Kabupaten Bandung, sebuah pesantren yang mandiri,...
Antara

Polisi Bongkar Praktik Tes Covid-19 Palsu di Makassar

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:33 WIB
Biaya yang dipatok untuk tes PCR antara Rp700 ribu hingga Rp900...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya