Sabtu 20 November 2021, 21:29 WIB

Medan Bersiap Terapkan PPKM Level 3 Hadapi Libur Nataru

Yoseph Pencawan | Nusantara
Medan Bersiap Terapkan PPKM Level 3 Hadapi Libur Nataru

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERNTAH Kota Medan, Sumatera Utara bersiap menerapkan PPKM Level 3 untuk menekan kemungkinan terjadinya lonjakan penularan dari suasana perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, sebenarnya pemberlakuan PPKM Level 3 bukan hanya akan diterapkan di Medan tetapi secara nasional. Kebijakan pusat, PPKM Level 3 berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2021 di seluruh wilayah Tanah Air. "Kita siap menyesuaikan apapun perubahan aturan PPKM yang ditetapkan pusat," tegasnya, Sabtu (20/11).

Medan siap  menerapkan level 3 meski saat ini sudah berada di level 2 PPKM seiring dengan penurunan kasus baru dan capaian vaksinasi. Hingg Jumat (14/11), kasus pasien Covid-19 di Medan mencapai 48.065 kasus.

Dari jumlah itu, sebanyak 47.099 orang sembuh, 49 orang masih dirawat dan 917 orang meninggal dunia. Adapun capaian vaksinasi sebanyak 76,13% dari target 1,9 juta orang.

Apalagi, kata Bobby, kebijakan itu untuk memperketat pergerakan masyarakat dan mencegah lonjakan kasus Covid-19. Salah satu kesiapan yang menjadi perhatian pemkot adalah memastikan penyelenggaraan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) mematuhi setiap ketentuan yang akan diberlakukan.

"Tinggal bagaimana nanti instruksi teknis yang akan dikeluarkan Gubernur Sumut dalam penerapan PPKM Level 3. Yang pasti, Pemkot akan melakukan segala upaya, termasuk mencegah perayaan tahun baru atau berbagai kegiatan yang bisa memicu kerumunan," kata Bobby seraya mengimbau warga Medan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan membatasi mobilitas, terutama saat libur Nataru.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan akan membatasi cuti bagi pekerja untuk mengurangi mobilitas warga. Edy mengkhawatirkan terjadinya lonjakan penularan dari suasana perayaan Nataru. Berkaca dari pengalaman tahun lalu, peningkatan kasus Covid-19 di Sumut muncul usai suasana Nataru yang mana pada 10 Februari 2020 tingkat penularan tercatat mencapai 224 kasus per hari. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Benny B

Pemkot Sukabumi Komitmen Penuhi Indikator Kota Layak Anak

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:06 WIB
"Kami berharap verifikasi dokumen yang sebelumnya sudah diserahkan terdiri dari 24 indikator dan 5 kluster bisa berjalan dengan...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya