Sabtu 13 November 2021, 17:40 WIB

Banjir Lahar Dingin Gunung Ile Lewotolok Putuskan Jalan Desa

Palce Amalo | Nusantara
Banjir Lahar Dingin Gunung Ile Lewotolok Putuskan Jalan Desa

AFP/PVMBG.
Gunung berapi Ile Lewotolok.

 

BANJIR lahar dingin dari Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, memutuskan jalan penghubung menuju empat desa, Sabtu (13/11). Empat desa itu yakni Tanjung Batu, Amakaka, dan Napasabok di Kecamatan Ile Ape dan Jontona di Kecamatan Ile Ape Timur. 

Lahar dingin mengalir dari Ile Lewotolok akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Jumat (12/11) malam sampai Sabtu pagi. Setelah hujan reda, warga setempat ramai-ramai datang ke jalan yang putus untuk membangun jalan darurat. Mereka menimbun jalan yang putus tersebut dengan batu agar arus lalu lintas kembali lancar.

"Kami mengharapkan pemerintah daerah membangun jembatan agar jika terjadi lagi banjir lahar dingin, akses transportasi tidak putus," kata Kepala Desa Amakaka terpilih, Ambo Langobelen. Musibah itu mengkibatkan sejumlah warga panik dan mengungsi tetapi mereka kemudian kembali ke rumah.

Baca juga: Empat Pegawai BPN Lebak Diciduk terkait Kasus Korupsi

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di 10 kabupaten di NTT pada Sabtu siang hingga sore, antara lain Kota Kupang, Manggarai, Timor Tengah Selatan, dan Rote Ndao. Masyarakat diminta waspada untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang. (OL-14)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Ekspor CPO Kembali Dibolehkan, Polda Sumut Perketat Awasi Distribusi Minyak Goreng

👤Apul Iskandar 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:00 WIB
Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi mengajak semua pihak khususnya di Sumatera Utara untuk mendukung kebijakan strategis...
dok.Komunitas Nelayan Sulsel

Komunitas Nelayan Sulsel Deklarasikan Ganjar Jadi Presiden 2024

👤Lina Herlina 🕔Minggu 22 Mei 2022, 23:11 WIB
KOMUNITAS Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia...
DOK/HUMAS POLRESTA BANDUNG

Polresta Bandung Tangkap 8 Pelaku Pembunuhan

👤Naviandri 🕔Minggu 22 Mei 2022, 19:00 WIB
Kedelapan pelaku mengeroyok hingga membuat korban menderita luka berat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya