Rabu 10 November 2021, 21:56 WIB

18 Kecamatan Di Majalengka Rawan Bencana Tanah Longsor

Nurul Hidayah | Nusantara
18 Kecamatan Di Majalengka Rawan Bencana Tanah Longsor

ANTARA
18 kecamatan di Majalengka, Jawa Barat rawan bencana tanah longsor.

 

SEBANYAK 18 kecamatan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat rawan bencana longsor. Bencana longsor rawan terjadi di wilayah perbukitan dan  pegunungan.

Kepala bidang rehabilitasi dan rekonstruksi BPBD Kabupaten Majalengka, Indrayanto, menjelaskan penerapan status siaga darurat bencana telah ditetapkan di Kabupaten Majalengka. BPBD Kabupaten Majalengka juga telah melakukan inventarisasi daerah rawan bencana serta menyosialisasikan kepada masyarakat. "Ada 18 kecamatan rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Majalengka," ujar Indrayanto.

Ke-18 kecamatan itu adalah Lemahsugih, Bantarujeg, Malausma, Cingambul, Cikijing, Talaga, Argapura, Banjaran, Majalengka, Maja, Cigasong, Sukahaji, Rajagaluh, Sindangwangi, Sindang, Panyingkiran, Kasokandel, dan Leuwimunding. Daerah-daerah tersebut berada di wilayah perbukitan dan pegunungan.

Selain longsor, banjir juga berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Majalengka khususnya di wilayah utara. "Potensi angin puting beliung juga harus diwaspadai," tuturnya.

Terlebih saat ini tengah peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan yang dapat berpotensi terjadinya puting beliung.

Selain melakukan pemetaan, pihaknya menurut Indrayanto juga telah mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Pihaknya, jelas Indrayanto, juga telah meminta agar membentuk posko siaga di lingkung pemerintah kecamatan kelurahan dan desa terutama di daerah rawan bencana. (OL-15)

Baca Juga

MI/HO

Emak-Emak Kendal Ramaikan Lomba Futsal bersama Teman Sandi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:23 WIB
Teman Sandi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat warga dan tentunya dapat mengajak masyarakat lebih...
MI/HO

Gelar Hackathon di Surabaya, Sahabat Ganjar Lanjut Cari Talenta Inovatif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:17 WIB
Hackathon merupakan event kompetisi teknologi yang ditujukan untuk mahasiswa/i diseluruh penjuru Indonesia dengan tujuan menggali peran...
MI/Kristiadi

Bus City Trans Utama Masuk Jurang, 3 Orang Tewas

👤Kristiadi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:19 WIB
Ketiga orang yang meninggal dunia itu adalah sepasang suami istri dan seorang kernet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya