Selasa 14 September 2021, 18:21 WIB

Cianjur Kejar Target Cakupan Vaksinasi Minimal 50%

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Cianjur Kejar Target Cakupan Vaksinasi Minimal 50%

DOK MI
Pemkab Cianjur terus mengejar target vaksinasi Covid-19 hingga akhir tahun.

 

KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, terus mengejar target cakupan vaksinasi covid-19 setidaknya mencapai 50% hingga akhir tahun. Hal itu sesuai dengan instruksi pemerintah agar di setiap daerah bisa mencapai target tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Cahyo Supriyo, mengatakan hasil video konferensi dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, ada tiga hal yang mesti menjadi akselerasi pengendalian covid-19 yakni testing, tracing, dan vaksinasi. Secara umum, kata Cahyo, hampir semua daerah di Jawa Barat belum ada yang cakupan vaksinasi mencapai 50%.

"Kita akan coba kejar dalam dua minggu ini bisa mencapai cakupan vaksinasi minimal 50%," terang Cahyo, Selasa (14/9).

Kalau melihat indikator, kata Cahyo, sebetulnya Kabupaten Cianjur sudah layak berada pada PPKM level 1. Di Jawa Barat, selain Kabupaten Cianjur, juga Kabupaten Pangandaran yang sudah dianggap layak.

"Dari sisi zonasi juga kita sudah berada pada zona hijau. Kalau melihat persentase, jumlah kasus juga sangat kecil. Kita hanya 0,5% dari jumlah penduduk. Berdasarkan indikator, 5% jumlah kasus juga sudah cukup bagus dari pengendalian dan penanganan," tuturnya.

Hanya, sebut Cahyo, dari sisi capaian vaksinasi Kabupaten Cianjur masih cukup rendah. Tapi Cahyo menegaskan akselerasi percepatan vaksinasi terus dilakukan untuk mengejar target.

"Makanya kami mengimbau masyarakat agar mendaftarkan diri divaksin. Sejauh ini masyarakat juga sudah cukup antusias," imbuhnya.

Dinkes Kabupaten Cianjur tak bosannya mengingatkan masyarakat agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Meskipun saat ini sudah berada pada level 2, tetapi masyarakat diimbau tak euforia. "Jangan sampai karena lengah dan tidak disiplin menerapkan prokes, akhirnya kasus melonjak lagi," ujarnya.

Sasaran vaksinasi di Kabupaten Cianjur terdata sebanyak 1.916.814 orang. Mereka terdiri dari SDM kesehatan sebanyak 5.418 orang, lanjut usia sebanyak 168.914 orang, petugas publik sebanyak 80.023 orang, masyarakat rentan dan umum sebanyak 1.405.570 orang, dan remaja sebanyak 256.889 orang. (OL-15)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Turun, Masyarakat Jangan Euforia

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 23 September 2021, 06:35 WIB
Kasus covid-19 di Klaten kini menunjukkan tren penurunan yang cukup signifikan. Namun, masyarakat diminta tetap waspada dan tidak...
Antara

Ruang Perawatan Pasien Covid-19 Di DIY Mulai Dialihkan Ke Pasien Umum

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 22 September 2021, 23:22 WIB
Beberapa rumah sakit rujukan di DIY mulai mengganti peruntukan tempat tidur pasien, dari untuk menangani pasien Covid-19 menjadi tempat...
DOK MI

Ratusan Sekolah Lanjutan Atas Di Sulsel Laksanakan PTM Terbatas

👤Lina Herlina 🕔Rabu 22 September 2021, 23:14 WIB
SEBANYAK 633 sekolah tingkat menengah atas (SMA)/sederajat di Sulawesi Selatan mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) secara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya