Kamis 26 Agustus 2021, 20:20 WIB

Penyerapan Anggaran Loyo, Tanjungbalai Diminta Percepat Tender

Yoseph Pencawan | Nusantara
Penyerapan Anggaran Loyo, Tanjungbalai Diminta Percepat Tender

DOK MI
Ilustrasi

 

GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kota Tanjungbalai mempercepat proses tender proyek fisik untuk mendorong penyerapan anggaran. Pemkot Tanjungbalai diminta memberi perhatian lebih terhadap penyerapan anggaran.

Hal itu diungkapkan Edy karena hingga Kuartal I/2021, serapan anggaran Kota Tanjungbalai baru sebesar 24,97%. Padahal pada periode yang sama tahun lalu serapannya sudah mencapai 32,97%. "Karena itu saya meminta Pemerintah Kota Tanjungbalai mempercepat proses tender dan menjalankan program-program, terutama program pemulihan ekonomi," ungkapnya, Kamis (26/8).

Dia mengatakan saat ini tahun anggaran sudah masuk bulan Agustus sehingga tersisa empat bulan lagi. Sementara serapan anggaran Kota Tanjungbalai masih menyentuh angka 24,97%.

Di sisi lain, Edy tidak terlalu yakin proyek fisik apakah selesai hanya dalam waktu empat bulan. Padahal perputaran uang di daerah saat ini sangat bergantung APBD karena minimnya investasi dari luar akibat pandemi.

Selain itu Edy mengatakan dirinya juga sudah meminta para pimpinan OPD Kota Tanjungbalai untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan kepeduliannya kepada masyarakat.

Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib berjanji akan mengejar ketertinggalan serapan anggaran daerahnya. Dia mengatakan realisasi proyek fisik dan program pada tahun ini belum lebih mudah dari tahun lalu. Hingga kini pandemi masih berlangsung sehingga banyak program dan kegiatan yang tidak bisa dilakukan.

"Namun kami akan mengejar serapan anggaran ini dan mendorong OPD-OPD bekerja lebih keras lagi, terutama proyek fisik," kata ujarnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Antaranews.com

Dosen Universitas Siliwangi Bantu Budidaya Ikan Warga untuk Ketahanan Pangan

👤Kristiadi 🕔Selasa 30 November 2021, 06:38 WIB
Agar perekonomian warga Desa Tawangbanteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya bisa kembali bangkit di masa...
Antara

Antisipadi Banjir, Mensos Berencana Bangun Lumbung Sosial di Garut

👤Kristiadi 🕔Selasa 30 November 2021, 06:17 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengintruksikan supaya pemerintah Kabupaten Garut membangun lumbung...
ANTARA/Aprillio Akbar

Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara

👤Lina Herlina 🕔Senin 29 November 2021, 23:10 WIB
MAJELIS Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar, Sulawesi Selatan menjatuhkan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp500 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya