Rabu 25 Agustus 2021, 20:35 WIB

Pelindo 1 Gencarkan Bisnis Marine Services

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pelindo 1 Gencarkan Bisnis Marine Services

Humas Pelindo 1
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

 

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), atau Pelindo 1, menggencarkan pengembangan bisnis marine services di wilayah operasionalnya melalui kerja sama dengan mitra-mitra strategis. Dengan wilayah operasional meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau, Pelindo 1 memiliki potensi besar dalam bisnis marine services.

"Sabang yang merupakan ujung barat pintu masuk Indonesia berpotensi besar untuk bisnis marine services," ujar Direktur Utama Pelindo 1 Prasetyo, Rabu (25/8).

Tak hanya itu, Kepulauan Riau juga memiliki wilayah yang strategis, terutama pulau Batam. Wilayah-wilayah operasional Pelindo 1 yang memiliki halaman depan Selat Malaka ini menjadi peluang dan potensi besar untuk mengembangkan bisnis marine services. Karena itu Pelindo 1 menggencarkan pengembangan bisnis marine services di wilayah operasionalnya melalui kerja sama dengan mitra-mitra strategis.

Seperti yang baru-baru ini dijalin dengan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK). Kedua pihak meneken nota kesepahaman kerja sama mengenai layanan bisnis pelayaran dan kepelabuhanan.

Prasetyo optimistis kerja sama-kerja sama itu bisa lebih menguatkan bisnis marine services Pelindo 1 yang juga mendukung program pemerintah menurunkan logistic cost nasional. Kerja sama-kerja sama itu juga diyakininya akan mampu memberi nilai tambah untuk optimalisasi aset-aset yang dimiliki Pelindo 1.

Juli lalu, Pelindo 1 juga menjalin kerja sama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk layanan pandu dan tunda kapal serta jasa lain di terminal khusus (tersus) RAPP. Pelindo 1 juga meneken MoU serupa dengan PT Kawasan Industri Dumai (KID) pada Maret lalu. Kerja sama tersebut untuk kegiatan pelayanan kapal di tersus milik PT KID Pelintung.

Pada 2020, BUMN kepelabuhanan yang berpusat di Belawan, Medan, itu juga meneken nota kerja sama dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam). Kerja sama itu untuk operasional jasa pandu dan tunda kapal di Perairan Wajib Pandu di wilayah kerja BP Batam. (OL-15)

Baca Juga

dok.pribadi

Camat Muara: Kondusifitas Usai Pilkades di Desa Sibandang Harus Dijaga

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 01 Desember 2021, 19:19 WIB
PESTA demokrasi pilkades serentak di 12 desa di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Sumut, telah usai. Situasi keamanan dan ketertiban harus...
DOK MI

Pemkab Malang Genjot Vaksinasi Lansia Door to Door

👤Bagus Suryo 🕔Rabu 01 Desember 2021, 19:09 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggenjot realisasi vaksinasi lansia melalui door to...
ANTARA

PTM Di Palembang Tetap Berlangsung Selama Libur Nataru

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 01 Desember 2021, 18:01 WIB
SESUAI arahan pemerintah pusat, pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Palembang, Sumatera Selatan tetap berlangsung selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya