Rabu 18 Agustus 2021, 09:57 WIB

Dukung Sektor Perikanan, PLN Bangun Anjungan Listrik di Maluku

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Dukung Sektor Perikanan, PLN Bangun Anjungan Listrik di Maluku

MI/Dok PLN
Anjungan Listrik Mandiri PLN di sebuah dermaga.

 

MENDUKUNG sektor perikanan dan kelautan, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun Anjungan Listrik Mandiri (Alma) di Pelabuhan Feri Galala di Sirimau Kota Ambon dan Pelabuhan Hunimua di Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

PLN menyebut investasi kedua anjungan listrik itu menyerap angaran Rp54,9 juta dan menyatakan sudah dapat digunakan oleh para pemilik kapal maupun untuk aktivitas di pelabuhan atau dermaga.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon Yusrizal menyampaikan, dengan memanfaatkan Alma, para pelaku usaha perikanan dan kelautan, khususnya pemilik kapal atau feri dapat melakukan penghematan 50% untuk biaya operasional mereka.

Baca juga: Repatriasi Warga Australia dari Bali Bukan Akhir Pariwisata Pulau Dewata

"Dibandingkan menggunakan mesin genset berbahan bakar solar yang memakan biaya sekitar Rp643.200 per hari," kata Yusrizal dalam keterangannya.

Yusrizal menambahkan, dengan hadirnya Alma, diharapkan dapat menunjang kegiatan ekonomi khususnya di sektor perikanan dan kelautan di kedua wilayah.

"Terutama untuk aktivitas di pelabuhan maupun dermaga yang kini menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan," ucapnya.

PLN menegaskan pembangunan Alma merupakan pelaksanaan program Electrifying Marine yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan laut, seperti penerangan kapal, coldstorage serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga, pelabuhan hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

"Program ini sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar customer focus dan innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih terjangkau dan andal," tandas Yusrizal. (OL-1)

Baca Juga

MI/Apul Sianturi

Kilang SP3T Segera Beroperasi Lagi Genjot Produksi Padi Simalungun

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:45 WIB
PEMKAB Simalungan hidupkan lagi kilang Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Nagori Pamatang Panombean, Kecamatan Panombean...
dok.humaspemkab

Sabran Berharap Bendungan Karau Diperluas Pemerintah Pusat

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:30 WIB
GUBERNUR Kalteng H. Sugianto Sabran meminta pemerintan pusat memperluas Bendungan Karau untuk mengoptimalkan potensi pertanian di Kabupaten...
DOK Pribadi.

TPST Samtaku Jimbaran Tanggung Jawab Produsen pada Kemasannya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:21 WIB
Prinsip zero waste to landfill juga dapat dicapai melalui penerapan teknologi RDF (refuse derived...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya