Kamis 22 April 2021, 22:02 WIB

Target 4 Bulan Bangun 700 Unit Rumah Relokasi di Lembata

Alexander P. Taum | Nusantara
Target 4 Bulan Bangun 700 Unit Rumah Relokasi di Lembata

MI/Alexander P. Taum
Seremonial adat di lahan relokasi dipimpin langsung oleh Beni Payong dari keluarga Lamataro dan tetua adat lainnya, Kamis (22/4)

 

SEBANYAK 700 unit rumah bagi korban bencana banjir bandang segera dibangun di lahan Waesesa, Kecamatan Ile Ape, kabupeten Lembata, Nusa Tenggara Timur.  Dua unit rumah contoh (mockup) sudah dipatok untuk dibangun terlebih dahulu.

Tim survei dari PT Adhikarya sudah mulai melakukan pengukuran lahan di kawasan Waesesa, Kecamatan Ile Ape, salah satu bidang tanah relokasi bagi warga desa Tanjung Batu yang terdampak banjir dan longsor.

Acara seremonial adat dilakukan di tanah relokasi oleh keluarga Suku Lamataro yang menghibahkan tanah seluas 3,5 hektar tersebut, Kamis (22/4/2021).

Surveyor PT Adhikarya, Feri Irawan, menjelaskan pemerintah pusat memberi target 4 bulan pengerjaan perumahan hingga tuntas sampai bisa ditempati
warga korban bencana.

Menurutnya, rumah bagi korban bencana itu merupakan model Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dari Kementerian PUPR dengan tipe 36.

"Bagus rumahnya," ujar Feri ditemui di lahan relokasi Waesesa. Material perumahan dipasok dari Kupang, Makassar dan Bali. Material akan tiba dalam pekan ini di Lembata.

Selain lahan yang sudah dihibahkan keluarga Lamataro, jelas dia, kemungkinan masih ada penambahan bidang tanah lain lagi di sekitar lokasi tersebut.

Sebagai informasi, seremonial adat di lahan relokasi dipimpin langsung oleh Beni Payong dari keluarga Lamataro dan tetua adat lainnya.

Seremonial adat dihadiri Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, Kapolres Lembata AKBP Yoce Marthen dan Dandim 1624 Flotim-Lembata Letkol Czi Imanda Setyawan.

Sebelum seremonial adat dilakukan, tim surveyor dari PT Adhikarya dan Pemda Lembata melakukan patok-patok batas pemukiman, bundaran dan lokasi fasilitas umum dan sosial. (OL-13)

Baca Juga: BKPM Gandeng HIPMI Fasilitasi UMKM Naik Kelas

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya