Kamis 22 April 2021, 22:02 WIB

Target 4 Bulan Bangun 700 Unit Rumah Relokasi di Lembata

Alexander P. Taum | Nusantara
Target 4 Bulan Bangun 700 Unit Rumah Relokasi di Lembata

MI/Alexander P. Taum
Seremonial adat di lahan relokasi dipimpin langsung oleh Beni Payong dari keluarga Lamataro dan tetua adat lainnya, Kamis (22/4)

 

SEBANYAK 700 unit rumah bagi korban bencana banjir bandang segera dibangun di lahan Waesesa, Kecamatan Ile Ape, kabupeten Lembata, Nusa Tenggara Timur.  Dua unit rumah contoh (mockup) sudah dipatok untuk dibangun terlebih dahulu.

Tim survei dari PT Adhikarya sudah mulai melakukan pengukuran lahan di kawasan Waesesa, Kecamatan Ile Ape, salah satu bidang tanah relokasi bagi warga desa Tanjung Batu yang terdampak banjir dan longsor.

Acara seremonial adat dilakukan di tanah relokasi oleh keluarga Suku Lamataro yang menghibahkan tanah seluas 3,5 hektar tersebut, Kamis (22/4/2021).

Surveyor PT Adhikarya, Feri Irawan, menjelaskan pemerintah pusat memberi target 4 bulan pengerjaan perumahan hingga tuntas sampai bisa ditempati
warga korban bencana.

Menurutnya, rumah bagi korban bencana itu merupakan model Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dari Kementerian PUPR dengan tipe 36.

"Bagus rumahnya," ujar Feri ditemui di lahan relokasi Waesesa. Material perumahan dipasok dari Kupang, Makassar dan Bali. Material akan tiba dalam pekan ini di Lembata.

Selain lahan yang sudah dihibahkan keluarga Lamataro, jelas dia, kemungkinan masih ada penambahan bidang tanah lain lagi di sekitar lokasi tersebut.

Sebagai informasi, seremonial adat di lahan relokasi dipimpin langsung oleh Beni Payong dari keluarga Lamataro dan tetua adat lainnya.

Seremonial adat dihadiri Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, Kapolres Lembata AKBP Yoce Marthen dan Dandim 1624 Flotim-Lembata Letkol Czi Imanda Setyawan.

Sebelum seremonial adat dilakukan, tim surveyor dari PT Adhikarya dan Pemda Lembata melakukan patok-patok batas pemukiman, bundaran dan lokasi fasilitas umum dan sosial. (OL-13)

Baca Juga: BKPM Gandeng HIPMI Fasilitasi UMKM Naik Kelas

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Bali Percepat Vaksinasi Covid-19

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:57 WIB
Pemerintah Provinsi Bali terus mempercepat vaksinasi covid-19 secara masif agar membantu pengendalian covid-19 di...
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Ruang Isolasi RS di Jawa Tengah Kembali Dibuka

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:53 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh rumah sakit kembali membuka ruang isolasi dan perawatan yang pernah ditutup untuk...
MI/Djoko Sardjono

Tren Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Meningkat

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:04 WIB
Kasus aktif covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, hingga pekan ini masih menunjukkan tren peningkatan. Maka warga wajib disiplin protokol...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya