Rabu 14 April 2021, 23:40 WIB

Warga Tanam Pohon untuk Pulihkan Lokasi Longsor di NTT

Palce Amalo | Nusantara
Warga Tanam Pohon untuk Pulihkan Lokasi Longsor di NTT

MI/Palce Amalo
Kondisi di Desa Tunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kupang, NTT setelah dihantam tanah longsor, pekan lalu.

 

WARGA Desa Tunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (14/4) mendatangi lokasi longsor di wilayah itu yang terjadi pekan lalu. Di lokasi tersebut, warga menanam berbagai jenis pohon.

Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi longsor susulan dan memulihkan lingkungan pascasiklon Seroja yang menumbangkan ribuan pohon, tananan pangan, dan rumah penduduk. "Kami menanam pohon sebagai antisipasi awal mencegah kejadian serupa di masa mendatang," kata Romo Jefri Bonlai yang memimpin kegiatan penanam pohon.

Pohon yang ditanam antara lain asam, bambu, pinang, dan gamal. Pohon-pohon tersebut diharapkan bisa menahan permukaan tanah sehingga tidak terjadi erosi dan longsor di masa mendatang.

Menurut Bonlai, penanaman pohon terus dilakukan agar lokasi longsor tidak meluas. Panjang lokasi longsor di Desa Tunbaun sekitar satu kilometer, sekitar 500 meter di antaranya tenggelam dengan kedalaman sekitar 20  meter.

Longsor akibat dampak hantaman Siklon Seroja 4-5 April 2021 mengakibatkan 13 rumah di desa ini tenggelam dan 301 orang mengungsi. Satu pekan pascamusibah, warga yang rumahnya rusak berat masih ditampung di gereja setempat.

"Menanam kembali ini juga sebagai bentuk ungkapan pertobatan kita terhadap alam. Kita harus melihat alam sebagai rumah kita," ujarnya.

Di sisi ,lain, Juru Bicara Posko Tanggap Darurat Bencana Siklon Seroja NTT, Marius Jelamu mengatakan total pengungsi sebanyak 33.811 orang, ditampung di 74 lokasi, namun banyak di antaranya sudah kembali ke rumah masing-masing. Pengungsi yang masih bertahan tersebut disebabkan rumah mereka tidak bisa ditempati lagi akibat roboh dan rusak berat. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Palce Amalo.

PTUN Sahkan Keputusan Bupati Sorong Cabut Izin Perusahaan Sawit

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 Desember 2021, 15:31 WIB
Apabila ditelusuri lebih jauh, kedua perusahaan bahkan telah memperoleh izin lingkungan sejak 2009. Lebih dari satu dekade berlalu dan...
Ist

Angka Stunting di Sulsel Terus Menurun

👤Lina Herlina 🕔Selasa 07 Desember 2021, 14:59 WIB
Pada Agustus 2021 lalu, angka stunting berada pada angka 9,08 persen. Angka stunting ini sudah turun, bahkan melebihi target...
MI/Rendy Ferdiansyah.

Ratusan Rumah di Pesisir Pulau Bangka Terdampak Banjir Rob

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 07 Desember 2021, 14:58 WIB
Saat ini, menurut Mikron, berdasarkan laporan, rumah yang terdampak banjir rob setinggi betis hingga lutut orang dewasa sebanyak 400...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya