Kamis 18 Maret 2021, 14:00 WIB

57 SD di Boyolali Laksanakan Uji Coba PTM

Widjajadi | Nusantara
57 SD di Boyolali Laksanakan Uji Coba PTM

MI/Widjajadi
Suasana pelaksanaaan uji coba pembelajaran tatap muka di SDN 1 Kemiei, Boyolali, Kamis (18/3/2021)

 

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali mengizinkan 57 SD di wilayah zona hijau menggelar uji coba pembelajaran tatap muka ( PTM). Jenjang SMP belum boleh menggelar uji coba PTM, karena para gurunya belum menerima vaksinasi komplit.

"Bupati Said Hidayat mengizinkan SD di wilayah zona hijau yang guru gurunya sudah dua kali menerima vaksinasi covid-19 menggelar uji coba PTM, yang dilaksanakan mulai minggu ketiga Maret," ungkap Kepala Disdikbud Boyolali Darmantao usai meninjau uji cova PTM di SD Negeri 1 Kemiri, Boyolali, Kamis (18/3).

Disdik Boyolali, lanjut dia, terkait uji coba PTM memang mensyaratkan, dilaksanakan di daerah hijau, dan para guru sudah menerima vaksinasi covid-19. Sejauh ini yang berpeluang menggelar uji coba PTM adalah jenjang PAUD,TK dan SD, karena sudah ada 1.000 guru yang menerima vaksin dua kali atau dua tahap.

Sementara untuk jenjang SMP belum bisa, karena para guru belum menjalani vaksinasi covid-19, meski keberadaan sekolah sudah banyak di wilayah zona hijau. Sedang jenjang SMA atau SMK, Disdik tidak memiliki kewenangan, karena tanggung jawabnya ada di Pemprov Jateng.

Dia katakan, selain syarat berada di zona hijau dan guru sudah divaksinasi lengkap, sekolah yang uji PTM harus siap dengan protokol kesehatan. Siswa juga harus dapat izin dari orang tua. Dan tiap kelas maksimal 16 siswa.

"Selain prokes ketat, maka guru harus hadir 30 menit sebelum uji coba PTM dimulai, atau mendahului siswa. Lama pembelajaran 3 jam tanpa istirahat. Untuk siswa yang tidak bisa mengikuti uji coba PTM, tetap belajar secara daring," kata Darmanto.

Yang jelas tegas dia, dua hal yang jadi perhatian dan prioritas uji coba PTM, keselamatan dan kesehatan guru serta peserta didik. Dan yang tidak kalah penting adalah mempertahankan dan sekaligus meningkatkan motivasi dan semangat belajar serta menjaga mutu pendidikan.

Lebih jauh dibeberkan Darmanto, bahwa sepanjang Maret ini 10.000 tenaga pendidik jenjang TK-SD baik yang PNS maupun non PNS menjalani vaksinasi Covid-19. Bagi tenaga pendidik atau guru yang tidak menerima vaksinasi Covid-19 tidak diijinkan untuk menggelar PTM.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Negeri 9 Boyolali, Ngatmi mengatakan, pihaknya sudah memulai uji coba hari pertama uji coba PTM pada Kamis ini. Dilaksanakan dua kali dalam seminggu dengan durasi tiga jam. Penerapan protokol kesehatan di sekolah dilaksanakan secara ketat, yakni siswa wajib memakai masker, dilakukan pengecekan suhu badan, dan harus mencuci tangan terlebih dahulu di air mengalir dan menggunakan sabun.

Selain itu, siswa diwajibkan membawa hand sanitizer pribadi meskipun di sekolah juga menyediakan hand sanitizer di setiap kelas. Siswa juga diwajibkan membawa bekal dari rumah agar kesehatan tetap terjaga. (OL-13)

Baca Juga: 44 Persen Sekolah Siap Gelar PTM

 

 

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

36 Petani Milenial di Maros Terima Dana Hibah Pemkab

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 05:00 WIB
Dana hibah itu disalurkan melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.

BPBD Aceh Barat Pastikan Kebakaran Lahan Gambut di Dua Lokasi 100 Persen Padam

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 23:24 WIB
Meski sudah dinyatakan padam secara total, pihaknya masih terus melakukan pemantauan di lokasi kebakaran guna memastikan tidak ada lagi...
Antara

BPBD: Kerugian Gempa Bali Capai Rp1 Miliar

👤Ant 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 23:01 WIB
Total ada 269 unit rumah yang rusak berat, 302 unit rumah rusak ringan, dan 39 fasilitas umum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya