Kamis 28 Januari 2021, 13:03 WIB

Laksanakan Kegiatan Sosial di Daerah, Askrindo Gandeng Baznas

mediaindonesia.com | Nusantara
Laksanakan Kegiatan Sosial di Daerah, Askrindo Gandeng Baznas

Ist/Baznas
Kegiatan sosial khitanan massal untuk anak kurang mampu di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

 

BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyelenggarakan khitanan massal untuk anak kurang mampu di Ternate, Maluku Utara dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Acara khitanan massal ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam memperoleh layanan kesehatan, utamanya untuk mencegah meningkatnya risiko penyakit.

Khitanan massal diikuti 200 anak, yang terdiri dari 150 anak asal Ternate dan 50 anak berasal dari Bekasi pada 26, 27, dan 30 Januari 2021.

Di Ternate, khitanan massal diselenggarakan di tiga lokasi yakni di Masjid At Taubah, Kecamatan Ternate Selatan pada 26 Januari, dan di Aula Dispora Kecamatan Ternate Utara dan Masjid Al Munawaar Kecamatan Ternate Tengah pada 27 Januari.

Sementara itu, di Bekasi, Jawa Barat, khitanan massal dilaksanakan di Yayasan As-Shofiani Ahmadi, Ponpes Yatim Dhuafa dan Anak Terlantar Kabupaten Bekasi pada 30 Januari 2021.

Ketua Baznas Noor Achmad sangat mengapresiasi terselenggaranya  acara tersebut  yang merupakan bentuk kepedulian Baznas dan Askrindo terhadap masyarakat kurang mampu yang kesulitan mendapat fasilitas pelayanan sosial.

Selain itu, lanjut Noor, kegiatan ini juga sebagai partisipasi lembaga terhadap program pemerintah dalam menyosialisasikan dan mewujudkan program pelayanan kesehatan, serta mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) dalam hal kesehatan.

"Kami turut mengapresiasi PT Askrindo yang telah menggandeng Baznas dalam acara khitanan massal ini. Kegiatan positif ini tak hanya dilakukan di sekitaran Jabodetabek saja, namun juga mencapai timur Indonesia yang memang biaya khitan di sana cukup mahal," kata Noor.

"Dalam kegiatan ini, Baznas merekomendasikan anak peserta khitan, agar tepat sasaran dan benar-benar dari kalangan kurang mampu. Selain itu, Baznas pun menerjunkan tim kesehatan dari Rumah Sehat Baznas," sambung Noor.

Noor menambahkan, sinergi antara Baznas dan PT Askrindo telah terjalin sejak 2019 melalui berbagai program.

Pada tahun 2019, tercatat PT Askrindo dan Bazans bersinergi dalam pembangunan masjid bagi masyarakat korban bencana di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, renovasi ruang kelas dan penyediaan laboratorium bahasa di Makassar, Sulawesi Selatan.

Selain itu, penyediaan ambulans jenazah di Makassar; penyediaan perahu nelayan di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; dan penyaluran APD, handsanitizer, masker, suplemen serta makanan siap saji kepada masyarakat.

Setahun berselang, tepatnya pada 2020, keduanya kembali berkolaborasi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam program pembangunan Rumah Tahfiz di lingkungan SMP Cendekia Baznas, program operasi katarak dan khitanan massal di Jabodetabek dan Ternate, serta program penyediaan perlengkapan Masjid Al-Askar di Desa Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Terkini, kerja sama Baznas dan PT Askrindo dilakukan pada awal 2021, yakni berupa penyaluran donasi bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Askrindo, yang difokuskan pada program pendidikan dan kesehatan sesuai dengan SDGs poin nomor 3 dan nomor 4.

"Kami berharap kerja sama antara Baznas dan PT Askrindo akan terus terjalin demi menyejahterakan masyarakat dalam berbagai bidang. Semoga kerja sama ini turut mendorong berbagai pihak lain untuk bersinergi membantu sesama," pungkas Noor. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Besok, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 Dibuka Gratis Selama 14 hari

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 09 Maret 2021, 17:10 WIB
JALAN Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) sepanjang 16 km mulai besok, Rabu (10/3) pukul 06.00 WIB dioperasionalkan...
Antara

Sprindik KPK Buat Anak Bupati Bandung Barat Beredar

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:50 WIB
BEREDAR selembar surat dari KPK berisi pemberitahuan dimulainya penyidikan terhadap Andri Wibawa, putra ke-4 Bupati Bandung Barat, atas...
MI/Adi Kristiadi

Kata Siapa Harga Cabai Mahal, Petani Sejahtera

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:35 WIB
HARGA cabai yang saat ini tinggi tidak selalu membuat petani diuntungkan sebab  jalur distribusi yang terlalu panjang dari petani ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya