Sabtu 23 Januari 2021, 07:40 WIB

Hujan dan Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Tasikmalaya

Kristiadi | Nusantara
Hujan dan Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Tasikmalaya

MI/Kristiadi
Warga Kampung Pasir Kota Tasikmalaya melihat rumahnya tidak memiliki atap lagi setelah angin kencang menyapu rumahnya.

 

HUJAN deras disertai angin kencang yang terjadi Jumat (22/1) petang menyebabkan puluhan rumah di Kampung Pasir, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya mengalami kerusakan. Para pemilik rumah terpaksa mengungsi karena kondisi rumah yang rusak bisa membahayakan penghuninya.

Manager Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Harisman mengatakan hujan deras disertai petir dan angin kencang telah menyebabkan puluhan rumah rusak terutama di bagian atap atau genteng. Dilaporkan tidak ada korban jiwa. 

"Hujan deras yang disertai angin kencang awalnya terjadi di Jalan Letjen Mashudi di Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibeureum. Angin kencang juga menumbangkan pohon dan menimpa sebuah rumah. Kemudian sejumlah rumah mengalami kerusakan pada bagian atap," kata Harisman, Jumat (22/1).

Petugas telah mendata jumlah rumah yang rusak dan meminta para penghuni rumah mengungsi sementara.

"Petugas BPBD sekarang ini akan melakukan pendataan ke lapangan dibantu oleh petugas kelurahan bersama RT, RW. Selain angin kencang ada kejadian longsor yang menimpa rumah Darmi, 55 di Kampung Karangresik, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes," lanjutnya.

baca juga: Puluhan Rumah di Brebes Terancam Longsor Tergerus Sungai Pedes

Salah satu warga yang rumahnya terdampak angin kencang, Ayi Nurhayati, 61 mengatakan hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sebuah pohon tumbang dan menimpa tembok rumahnya. Namun Ayi memilih bertahan di rumah bersama keluarganya dengan menutup atap rumah dengan terpal. 

"Kami memilih bertahan di rumah bersama keluarga dengan menambal bagian atap yang rusak sementara memakai terpal," ujar Ayi. (OL-3)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

200 Vial Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 05 Maret 2021, 11:38 WIB
Sebanyak 200 vial vaksin covid-19 Sinovac tahap II tiba di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Kamis (5/3). Tenaga kesehatan masih...
Dok MI

Kasus Positif Covid-19 di Riau Kembali Bertambah

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Jumat 05 Maret 2021, 11:31 WIB
Perkembangan kasus positif Covid-19 di Riau terus bertambah. Hingga Kamis (4/3) malam, terdapat penambahan 87 kasus terkonfirmasi...
MI/Supardji Rasban

Penyintas Varian B117 masih Jalani Isolasi Mandiri di Brebes

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 05 Maret 2021, 11:26 WIB
Pekerja migran positif virus korona mutasi B117 ternyata sudah berada di Brebes sejak sebulan lalu dan kini menjalani isolasi mandiri di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya