Jumat 22 Januari 2021, 20:55 WIB

Puluhan Rumah di Brebes Terancam Longsor Tergerus Sungai Pedes

Supardji Rasban | Nusantara
Puluhan Rumah di Brebes Terancam Longsor Tergerus Sungai Pedes

MI/Supardji Rasban
Puluhan rumah di Desa Kecamatan Tonjong, Brebes terancam longsor akibat tebing tergerus Sungai Pedes.

 

PULUHAN rumah di Dukuh Karangjati, Desa Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terancam longsor akibat tebing di sepanjang Sungai Pedes tergerus oleh luapan air. Warga berharap Pemkab Brebes turun tangan mengatasinya.

Warga Dukuh karangjaati, Mukmin, 56, menuturkan dia dan warga lainnya cemas karena jarak rumah mereka dengan tebing sungai sudah sangat dekat. "Kami selalu was-was jika sungai banjir dan tebingnya runtuh," tutur Mukmin, Jumat (22/1)

Longsornya tebing, jelas Mukmin, terjadi sejak sebulan terakhir saat musim hujan mulai datang. Namun, beberapa waktu belakangan, longsor justru semakin hari kian bertambah parah."Selama musim penghujan ini, kerapkali terjadi banjir," ucapnya.

Mukmin menjelaskan, jarak terdekat rumah dengan tebing sungai tinggal sekitar 1 meter. Padahal di bawah tebing terdapat aliran Sungai Pedes yang arus sungainya deras saat banjir datang.

"Kami khawatir jika arus sungai terus terkikis, lama-lama rumah warga di atasnya bisa ambruk," jelas Mukmin.

Mukmin mengaku warga sekitar sudah bekerja bakti membuat penahan darurat secara tradisional. Penahan tersebut terbuat dari batu sungai yang disusun melintasi tengah sungai.

"Pemasangan penahan dilakukan untuk membelokkan arus sungai agar tidak mengalir di bawah dan di bibir tebing. Namun, upaya tersebut gagal karena batu-batu yang telah disusun itu hilang diterjang arus sungai," terangnya.

Warga meminta Pemkab Brebes membangun penahan tebing sungai yang permanen. "Lebih bagus lagi kalau ada normalisasi sungai agar tidak mengalir di tepi tebing yang bisa mengancam lingkungan pemukiman," harapnya. (OL-13)

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi Hingga Akhir Januari, Bencana Mengancam

Baca Juga

Antara

Peredaran Narkoba Jaringan Lapas Bukittinggi Dibongkar

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:15 WIB
SATUAN Narkoba Polres Bukittinggi, Sumbar berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba jaringan Lapas kelas II A...
Antara

Begini Skenario Pemprov Jateng Hadang Pemudik Lebaran 2021

👤Haryanto 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:00 WIB
PEMERINTAH  Provinsi Jawa Tengah menyiapkan tiga skenario sebagai langkah antisipasi menyusul adanya pelarangan mudik pada 6-17 Mei...
MI/Dwi Apriani

Gubernur Sumsel Kawal Kasus Penganiayaan Perawat hingga Tuntas

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 17 April 2021, 16:45 WIB
KEPEDULIAN terhadap penganiayaan yang dialami Christina Ramauli Simatupang, 28, perawat RS Siloam Sriwijaya Palembang mendapat respon dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya