Kamis 26 November 2020, 01:50 WIB

KPU Sumenep Antisipasi Cuaca Buruk Pengiriman Logistik Pilkada

Muhammad Ghazi | Nusantara
KPU Sumenep Antisipasi Cuaca Buruk Pengiriman Logistik Pilkada

DOK MI
Ilustrasi

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur, mulai menyusun skenario pengiriman logistik pilkada untuk wilayah kepulauaan. Skenario itu disusun untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya cuaca buruk dan tidak adanya jadwal pelayaran.

Ketua KPU Sumenep, Ahmad Warits, mengatakan skenario itu diantaranya mengkhususkan distribusi ke Kecamatan Masalembu karena sulitnya transportasi dan jauhnya jarak. "Kecamatan Masalembu hanya dilayani dengan pelayaran perintis yang hanya ada sekali dalam sepekan," katanya, Rabu (25/11).

Pengiriman logistik ke kecamatan yang berada di tengah-tengah Laut Jawa dan lebih dekat dengan Pulau Kalimantan tersebut kemungkinan akan dikirim melalui Surabaya.

Sementara prioritas kedua adalah Kecamatan Sapeken. Wilayah tersebut merupakan wilayah terjauh di Kabupaten Sumenep. Namun bedanya dengan Kecamatan Masalembu, transportasi le pulau tersebut lebih mudah karena bisa menggunakan kapal yang melayani rute Kalianget-Kangean yang jadwalnya setiap hari.

Sememtara untuk mengantisipasi cuaca buruk, kata Warits, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk membantu armada kapal. "Jika tidak ada jadwal pelayaran karena cuaca buruk pada saat jadwal pengiriman, kami sudah mendapat kesanggupan dari kepolisian untuk membantu," katanya.

Di Sumenep, dua kecamatan tersebut merupakan kecamatan terjauh. Untuk menuju Masalembu, membutuhkna waktu pelayaran hingga 15 jam dengan jadwal pelayaran hanya sekali dalam sepekan.

Sementara untuk Kecamatan Sapeken, meski pelayaran dapat dilakukan setiap hari, namun wilayah tersebut terdiri dari pulau-pulau kecil sehingga perlu mendapat perhatian khusus. (R-1)
 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Mulai Tertutup kepada Wartawan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:50 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mulai tertutup kepada wartawan. Padahal semula,sangat terbuka memberikan informasi...
DOK MI

Wakil Wali Kota Kupang Positif Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:11 WIB
Wakil Wali Kota Kupang positif...
Dok Lion Parcel

Bantuan Bagi Korban Gempa di Mamuju dan Majene Terus Mengalir

👤Widhoroso 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:02 WIB
Bantuan bagi korban gempa di Mamuju dan Majene terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya