Senin 09 November 2020, 06:58 WIB

Subardi: Gagasan Aspirasi Tegak Lurus dalam Pilkada

Agus Utantoro | Nusantara
Subardi: Gagasan Aspirasi Tegak Lurus dalam Pilkada

MI/Agus Utantoro
Ketua DPW Partai NasDem DIY , Subardi

 

SEBULAN  menjelang pemilihan kepala daerah di Gunungkidul, warga diminta berhati-hati memilih pemimpin. Perlu melihat rekam jejak dan reputasi seluruh kontestan, termasuk partai pengusungnya. Hal ini disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, di Gunungkidul, Minggu (8/11).

Legislatif dari Daerah Pemilihan DIY yang akrab disapa mBah Bardi ini mengemukakan, paslon dan partai pengusungnya adalah satu paket. Maka menilai kandidat harus sepaket. Sejauh ini sepak terjang Partai NasDem di Gunungkidul semakin dipercaya masyarakat hingga meraih 9 Kursi DPRD Kabupaten dan 2 Kursi DPRD Provinsi.

Capaian ini, ujarnya, membuat NasDem mampu mengusung sendiri Pasangan Nomor Urut 2, Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi. Mbah Bardi berharap, pilihan masyarakat adalah Immawan-Martanti agar aspirasi yang disampaikan tegak lurus hingga ke pusat.

"Misalnya (Desa) Semoyo ingin pembangunan jalan atau ingin jaringan internetnya bagus, nanti akan lebih mudah kalau bupatinya dari Partai NasDem. Bupati NasDem dikawal oleh 9 kursi DPRD dari NasDem, lalu akan dibantu oleh 2 kursi DPRD Provinsi dari NasDem. Dan tentunya saya di pusat akan memastikan aspirasinya sudah sejauh mana," kata Subardi.

Dalam kunjungannya di Desa Semoyo, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul itu, Subardi menambahkan selain reputasi Partai NasDem, aspirasi tegak lurus akan menjadikan pembangunan berbasis kemasyarakatan.

"Kalau paslon nomor 2 menang, saluran aspirasinya kuat, tegak lurus hingga ke pusat. Apa yang diinginkan masyarakat akan lebih mudah dan cepat diwujudkan. Apalagi saya punya banyak program dengan pemerintah pusat untuk pembangunan di Dapil," Subardi menambahkan.

Subardi mengingatkan masyarakat agar tidak salah pilih, apalagi banyak kontestan Pilkada yang menghalalkan segala cara untuk menang, termasuk dengan politik uang. Menurutnya, sejak awal NasDem menolak koalisi karena di dalamnya memuat transaksional. 

"Kalau sejak awal sudah cacat, ke belakang juga cacat. Hati-hati jangan asal pilih," jelasnya.

Gagasan aspirasi yang tegak lurus harus dimanfaatkan dengan cara memenangkan pasangan Immawan-Martanty. Keduanya, menurut Mbah Bardi memiliki pengalaman, kemampuan dan tidak pernah cacat moral.

baca juga: Sri Muslimatun Ajak Warga Lereng Merapi Ikut Anjuran Pemerintah

"Pak Imm (Immawan Wahyudi)  orangnya baik, sederhana, berpengalaman, punya gagasan luar biasa, dan 10 tahun jadi Wakil Bupati berhasil angkat pariwisata Gunungkidul, sektor pertanian juga surplus jadi lumbung pangan di DIY. Bu Tanty juga baik, peduli dan satu-satunya kontestan perempuan. Jangan ditanya urusan kemanusiaan, beliau sangat konsen sejak dulu," tutur Ketua DPW NasDem DIY itu.

Subardi yakin, gagasan ini akan menjadikan Pilkada lebih baik dari sekedar pesta demokrasi biasa.

"Inilah pentingnya aspirasi tegak lurus agar Pilkada berjalan efektif. Masyarakat harus berdemokrasi dengan cerdas agar pembangunan lebih tertata," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/JAMAAH

Bantu Petani, Wakil Ketua MPR RI Salurkan Pupuk Cair Gratis

👤Jamaah 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:45 WIB
Bantuan itu merupakan upaya Lestari Moerdijat ikut menjaga ketahanan pangan...
ANTARA/Basri Marzuki

Pemkot Palu Dukung Peragaan Busana Jalanan Digelar Tiap Pekan

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:30 WIB
Berawal dari anak-anak Jakarta yang menggelar Citayam Fashion Week (CFW) yang kemudian viral dan menjangkiti semangat ke pelaku fesyen di...
Ist

Dorong Pemanfaatan QRIS di Lampung, Netzme Sediakan Voting Gunakan QRIS

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:21 WIB
PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) ditunjuk Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Lampung sebagai media platform voting inovatif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya