Senin 17 Agustus 2020, 00:46 WIB

Pengembangan Ekowisata Mangrove Sicanang akan Digenjot

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pengembangan Ekowisata Mangrove Sicanang akan Digenjot

ANTARA
Ekowisata kawasan (hutan bakau) mangrove

 

PEMERINTAH Kota Medan, Sumatera Utara telah menyiapkan berbagai program pendukung untuk pengembangan ekowisata Mangrove Sicanang untuk menjadi salah satu destinasi wisata andalan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriono mengatakan pihaknya terus mendorong pengembangan kawasan hutan mangrove yang berlokasi di Jalan Pulau Sicanang, Kelurahan Belawan Sicanang, Medan Belawan itu menjadi Ekowisata Manggrove.

"Selain melestarikan hutan mangrove yang berfungsi mencegah terjadinya abrasi, kehadiran ekowisata mangrove yang dibangun sejak tahun 2015 itu kini menjadi salah satu  destinasi  wisata alam andalan yang ada di Kota Medan," tuturnya, Minggu (16/8).

Berbagai program telah dilakukan Pemkot Medan untuk mendukung pengembangan Ekowisata Mangrove Sicanang di kawasan pinggiran Kota Medan bagian Utara tersebut. Selain menggelar Festival Hutan Magrove, Pemkot Medan juga telah memperkenalkan kawasan Manggrove seluas sekitar 450 hektare itu kepada operator biro perjalanan se-ASEAN.

Pihaknya pun mengusulkan Ekowisata Mangrove Sicanang dapat dijadikan sebagai kawasan konservasi. Terkait dengan ini, Pemkot Medan telah mengajak Pemprov Sumut untuk ikut mendukung pengusulannya. Bila terealisasi, kawasan Ekowisata Mangrove Sicanang tidak dapat tersentuh apapun, kecuali kegiatan pengelolaan dan pelestarian ekosistem di dalamnya.

Sejak dibuka lima tahun lalu, Ekowisata Mangrove Sicanang sejauh ini masih didatangi 500-700 pengunjung per pekan. Salah satu fasilitas yang masih membutuhkan pembangunan adalah tempat parkir untuk lebih memberikam kenyamanan dan ketenangan pengunjung. (R-1)

Baca Juga

ANTARA

Pulau Kemaro akan 'Disulap' Jadi Ikon Wisata Kota Palembang

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:40 WIB
Dengan ikon Sungai Musi Palembang, rencananya Pemkot Palembang bakal membuat pusat wisata air unggulan yang berpusat di Pulau...
DOK MI

Kasus Covid-19 di Sumsel Terus Bertambah

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:27 WIB
Kasus positif covid-19 di Sumsel...
DOK MI

Bioskop di Tegal Dibuka Kembali Pada Februari

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:12 WIB
Masing-masing bioskop harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Daya tampung penonton maksimal diisi 50...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya