Rabu 12 Agustus 2020, 22:49 WIB

BPOM Peringatkan Pelaku Usaha Obat Tradisional Jangan Overclaim

Ardi Teristi | Nusantara
 BPOM Peringatkan Pelaku Usaha Obat Tradisional Jangan Overclaim

ANTARA/Arif Firmansyah
Berkaca pada kasus Hadi Pranoto, BPOM Peringatkan, Pelaku Usaha Obat Tradisional Jangan Overclaim

 

BPOM memperingatkan agar para pelaku obat tradisional jangan mengklaim berlebihan produk mereka, misalnya dapat mengobati Covid-19. Pasalnya, BPOM akan bertindak tegas, dari menarik izin edar hingga membawa ke ranah pidana.

"Hati-hati dengan klaim jamu berlebihan, misalnya tidak mengklaim bisa mengobati Covid-19. Bisa mengklaim itu kalau sudah melalui uji klinik dengan evidence ilmiahnya jelas," terang Penny Kusumastuti Lukito, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Yogyakarta, Rabu (12/8).

Peringatan tersebut terkait dengan klaim Hadi Pranoto atas jamunya yang mampu menyembuhkan Covid-19. Penny menyebut, dalam kasus tersebut ada aspek ilegal karena Hadi Pranoto menggunakan izin edar milik orang lain untuk digunakan dalam produknya. Padahal, izin edar yang dipakai tersebut juga sedang ditarik oleh BPOM.

Baca Juga: Peneliti: Semakin Banyak Orang Minum Jamu karena Covid-19

"Produk yang overclaim bisa ditarik kembali izin edarnya dan ditarik produknya oleh BPOM sehigga produk tersebut menjadi ilegal," kata dia. Jika produk tersebut ilegal, pihaknya bisa menggunakan UU Kesehatan untuk menegakkan hukum secara pidana.

PPNS BPOM yang ada di seluruh provinsi dan 40 kota dan kabupaten bisa melakukan penindakan dengan melibatkan kepolisian.

Penny dalam kesempatan tersebut, meminta masyarakat lebih bijak dan hati-hati membaca klaim-klaim yang berlebihan atas obat tradisional ataupun obat-obat yang lain. Jangan sampai niatnya ingin sembuh, tetapi karena meminum obat yang overclaim malah makin sakit. (AT/OL-10)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Tebing Tinggi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya 

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 30 Juli 2021, 12:12 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi  Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan ucapan terimakasih atas capaian yang diraih dengan tetap bersinergi dan...
Antara

Kalsel Percepat Penyaluran Bantuan Beras PPKM

👤Denny Susanto A 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:50 WIB
PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA meminta kepada Perum Bulog dan PT Pos Indonesia untuk mempercepat penyaluran bantuan...
MI/Agus Utantoro

Pemprov DIY Siapkan Rp50 juta/Kelurahan untuk Tangani Covid-19

👤Ardi T Hardi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:20 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyatakan, pihaknya saat ini masih melakukan refocusing untuk penggunaan Danais dan direncanakan setiap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya