Kamis 09 Juli 2020, 20:10 WIB

Kebun Petani di Aceh Utara Dirusak Sekawanan Gajah

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Kebun Petani di Aceh Utara Dirusak Sekawanan Gajah

Antara/Sofyan
Anak gajah yang baru lahir di CRU Desa Alue Kuyun, Woyla Timur, Aceh Barat

 

Beberapa waktu lalu harimau liar memasuki permukiman warga Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang. Kini ganti gajah liar yang mendatangi Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Berdasarkan informasi ada kira-kira 20 ekor gajah liar merusak tanaman pertanian dan lahan perkebunan di kawasan Kecamatan Simpang Keramat, Aceh Utara. Akibatnya puluhan hektare (ha) kebun sawit, kakao, pisang, dan tanaman palawija lainnya rusak.

Lokasi yang paling sering didatangi gajah liar adalah di Desa Pase Sentosa. Pasalnya kawasan tersebut dekat dengan hutan dan lereng perbukitan.

Baca juga: Kaldera Toba Diakui Unesco setelah 9 Tahun Diajukan

Hewan yang dilindungi undang-undang itu biasanya datang berkelompok saat memasuki lahan perkebunan. Akibatnya sekarang petani takut untuk beraktivitas di kebun. Mereka menghindari supaya tidak berpaspasan dengan kawanan gajah liar tersebut.

"Takut kalau sampai puluhan gajah itu mengamuk saat kepergok manusia," tutur Adli, warga Simpang Keramat.

Warga berharap pihak terkait atau Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) segera bisa menanggulangi gangguan kawanan po meurah (sebutan nama lokal) itu. Mereka khawatir bila terus terjadi gangguan, maka pertanian dan perkebunan warga akan terdampak.

Apalagi dalam situasi covid-19 sekarang ini, warga yang sebagian besar mencari nafkah dari bercocok tanam tersebut berharap dari hasil pertanian dan perkebunan.

"Kami sangat mengharapkan ada perhatian dari pemerintah atau lembaga terkait agar gangguan gajah liat ini segera berakhir," tambah Abdullah, warga lainnya. (OL-14)

 

Baca Juga

HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...
ANTARA

Sopir Angkot Palembang Resah Dengan Penerapan Aplikasi MyPertamina

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:24 WIB
MESKI belum diterapkan di Palembang, Sumatera Selatan, namun masyarakat mulai mempertanyakan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya