Jumat 05 Juni 2020, 17:05 WIB

Satu Warga Positif Covid se-RT Dikarantina

Depi Gunawan | Nusantara
Satu Warga Positif Covid se-RT Dikarantina

MI/Depi Gunawan
Warga RT 1 RW 17 Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi mengikuti swab test, Jumat (5/6).

 

PEMBATASAN Sosial Berskala Mikro (PSBM) diberlakukan di salah satu RT Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi setelah satu orang warganya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Program yang diinisiasi Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Jawa Barat ini merupakan perluasan isolasi mandiri dengan lebih intens disertai pelayanan kepada masyarakat.

PSBM yang diterapkan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat ini tujuannya untuk menyisir penyebaran virus SarsCov-2, penyebab virus korona di satuan kewilayahan terkecil. Yakni di tingkat RT/RW dan desa/kelurahan. Kegiatan PSBM juga didukung kegiatan dapur umum yang digelar oleh PKK setempat.

Selain menjalani karantina mikro, warga yang tinggal di RT 1 RW 17 Kelurahan Karangmekar juga mengikuti swab test di pelataran parkir Gereja HKBP Jalan Lurah, Kota Cimahi, Jumat (5/6).

Baca Juga: Kunci Kenormalan Baru itu Cuma Disiplin Diri

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pemprov Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil yang meninjau pelaksaan PSBM di Kelurahan Karangmekar mengharapkan, karantina mikro bisa memotong jalur
penyebaran covid-19.

"Dengan PSBM ini, kita pastikan semuanya berjalan normal, karena untuk karantina hanya di wilayah yang ada kasus positifnya saja. Diharapkan ini bisa memotong jalur penyebaran covid-19," katanya.

Pada pelaksaaan PSBM ini, terang Atalia, dapur umum sudah disiapkan dan untuk makanan warga yang sedang menjalani karantina akan diberikan 3 kali sehari. "Ini juga sedang dilakukan swab test bagi warga di lingkungan yang ada kasus positifnya sebanyak 150-200 orang. Mudah-mudahan, hasilnya segera keluar dan bisa diketahui peta penyebarannya untuk diterapkan treatment khusus bagi yang terpapar Covid-19," bebernya.

Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna menjelaskan, pelaksanaan swab test diintensifkan oleh Gugus Tugas Covid-1 supaya peta sebaran wabah setelah timbul kasus positif di satu lingkungan bisa langsung diketahui.

"Setelah ada satu warga di Kelurahan Karangmekar positif, kita langsung kejar kontak eratnya dengan swab test, targetnya 200 warga dites," ungkapnya. (OL-13)

Baca Juga: 72 Pendatang Tanpa SIKM DKI Dikarantina di GOR Pulogadung

Baca Juga

dok.pemprov jateng

Sosialisasikan UU Ciptaker, Ganjar Usul Ada Layanan Informasi Publik Interaktif

👤Haryanto 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:41 WIB
GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo mengusulkan kepada Satgas Percepatan Sosialisasi UU Ciptaker untuk menghadirkan layanan informasi publik...
dok.ist

Emak-emak Sumut Doa Bersama agar Dapat Pemimpin yang Tepat di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:35 WIB
RELAWAN Mak Ganjar mengikuti acara doa bersama di lapangan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Mereka yang berbeda agama...
DOK/PHI GROUP

Pelangi Hotel Internasional Kelola Taman Wisata Air Krakatau Kahai Beach Lampung

👤Media Indonesia 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 12:45 WIB
Hotel dan permainan air ini memiliki lokasi yang sangat strategis, karena berada di pinggir pantai, dengan pemandangan laut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya