Kamis 11 April 2019, 18:54 WIB

Jonan Resmikan PLTMG Mobile Power Plant (MPP) Flores 20 Mega Watt

John Lewar | Nusantara
Jonan Resmikan PLTMG Mobile Power Plant (MPP) Flores 20 Mega Watt

Media Indonesia/John Lewar
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat peresmian Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) Flores 20 Mega Watt (MW).

 

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan proyek Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) Flores 20 Mega Watt (MW).

Proyek yang diresmikan di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/4) itu merupakan implementasi program utama menerangi negeri yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Turut hadir dalam peresmian itu Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Yosef Nae Soi, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula, Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur dan Wakil Bupati Manggarai Timur Stefanus Jaghur.

Ignasius Jonan menyampaikan PLTMG MPP Flores yang berlokasi di Rangko Kabupaten Manggarai Barat telah beroperasi sejak delapan bulan lalu. Melalui peresmian itu, lanjut dia, PT PLN akan melaksanakan bantuan sambungan listrik ke 11.000 rumah yang dibutuhkan di seluruh wilayah NTT.

Ia mengapresiasi PT PLN yang telah berhasil membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Labuan Bajo menuju Ruteng, Kabupaten Manggarai. Gardu Induk itu berada di Labuan Bajo 70 KV Labuan Bajo, SUTT 70 KV Ruteng-Ulumbu. SUTT ini akan dipasang dari Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat hingga Larantuka Kabupaten Flores Timur.

Baca juga: Jonan: PLTB Tolo Terintegrasi PLN Bulan Depan

Jonan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT yang mendukung eksplorasi panas bumi di NTT  di Pulau Flores, NTT tepatnya di Mataloko, Kabupaten Ngada dan Ulumbu, Kabupaten Manggarai.

Ia berharap dengan tuntasnya proyek kelistrikan di NTT, maka penggunaan bahan bakar fosil berkurang.

Wakil Gubernur NTT Yosef Nae Soi mengatakan perhatian Kementerian ESDM dan PT PLN untuk wilayah NTT beberapa tahun terakhir cukup besar.

Ia mendorong masyarakat NTT untuk menjaga dan memelihara dengan baik listrik yang ada di NTT. Kehadiran jaringan listrik di NTT juga mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di NTT.

Yosef mebgatakan NTT masih berharap perhatian Kementerian ESDM agar seluruh masyarakat desa di NTT bisa menikmati listrik dan penerangan jalan pun terpenuhi. (X-15)

Baca Juga

MI/ HO

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Rumah Ibadah dan Lembaga Pendidikan di Kalbar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:18 WIB
Sekretaris Dewan Pembina PSI itu  berharap sertifikat yang diserahkannya dapat memiliki manfaat bagi banyak orang serta terhindar dari...
MI/Ignas Kunda

Jalan Air Dan Uap Panas Bumi di Pulau Palue

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:15 WIB
Aktivitas vulkanisnya dalam perut Bumi membuat gunung itu menghasilkan uap panas bukan mata air walaupun ada hutan belantara di...
MI/HO

Teman Sandi Galang Dukungan di NTB dan Jawa Barat 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 07:24 WIB
Di NTB, Teman Sandi mengawali kegiatan dengan bantuan kemanusiaan untuk lansia. Dalam kegiatan itu, Teman Sandi memberikan bantuan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya