Jumat 20 Januari 2023, 16:45 WIB

Ancol Siap Lanjutkan Reklamasi di Sisi Barat-Timur

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Ancol Siap Lanjutkan Reklamasi di Sisi Barat-Timur

Antara
Potret sejumlah warga bermain di area pantai Taman Impian Jaya Ancol.

 

DIREKTUR Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Winarto menyatakan bahwa proyek reklamasi sisi barat dan timur di kawasan Ancol, Jakarta, tetap dilanjutkan.

Adapun proyek reklamasi yang digagas era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sempat dihentikan karena masalah landasan hukum. Winarto mengaku kelanjutan reklamasi Ancol telah dibicarakan bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

"Soal perluasan daratan, sekarang sudah berjalan. Saya sudah tanyakan ke Pak Pj DKI, perjanjiannya mau diteruskan atau cukup," jelas Winarto dalam rapat dengan Komisi B DPRD DKI, Kamis (19/1) kemarin.

Baca juga: Perluasan Daratan Ancol Wajib Dilengkapi Desan Detail tata Ruang

Menurut Winarto, Ancol memiliki kewajiban untuk meneruskan pembangunan proyek reklamasi. Sebab, pada kedua wilayah perencanaan reklamasi, Ancol sudah mendapat investasi hampir Rp1 triliun untuk mewujudkan pembangunan.

"Secara bisnis (investasi), sudah keluar hampir Rp1 triliun. Baik yang reklamasi di barat maupun yang di timur. Uang yang sudah dikeluarkan, sebagai pertanggungjawaban perusahaan publik, ini harus ada pengembaliannya," katanya.

"Maka, pada tahun ini kami harus meneruskan proyek itu. Sudah on track sebetulnya," sambung Winarto.

Baca juga: Penerapan ERP Beririsan dengan Angkutan Umum

Dalam perjanjian proyek reklamasi, Ancol bertugas membuat tanggul di sekeliling daratan. Sementara itu, Pemprov DKI membuat daratan dari timbunan lumpur hasil pengerukan sungai, waduk, situ, hingga embung.

Terdapat dua lokasi reklamasi lahan, yakni sisi barat dengan luas 35 hektare dan sisi timur dengan luas 120 hektare. Sebelumnya, DPRD DKI meminta reklamasi Ancol dihentikan untuk sementara. 

Pihak parlemen memandang proyek reklamasi di Ancol tidak bisa dilanjutkan, sebelum ada pengesahan revisi peraturan mengenai rencana detail tata ruang (RDTR) dan zonasi.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Kuliner Festival Meriahkan Imlek di Cibubur Juction dan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:49 WIB
Program kuliner kali ini akan menghadirkan pilihan makanan nusantara yang diikuti lebih dari 25 pelaku usaha UMKM dimulai pada, Rabu...
Antara

ERP Ditolak Ojol, Heru: Prosesnya Masih Lama

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:04 WIB
RENCANA Pemprov DKI menerapkan program jalan berbayar elektronik untuk mengatasi kemacetan ditolak mentah-mentah oleh para pengemudi ojek...
MI/Andri Widiyanto

Rambah Pengembangan Teknologi Informasi, TransJakarta Gandeng PT Telkom

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:37 WIB
"Mulai dari merancang aplikasi yang memudahkan pelanggan, mempersiapkan infrastruktur, hingga tim yang akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya