Rabu 11 Januari 2023, 14:24 WIB

NasDem Sebut Rencana Penerapan ERP di Jakarta Kontrapoduktif

Putra Ananda | Megapolitan
NasDem Sebut Rencana Penerapan ERP di Jakarta Kontrapoduktif

MI/Susanto
Perangkat kamera Electronic Road Pricing (ERP) terpasang di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

 

PARTAI NasDem mengkritisi rencana penerapan jalan berbayar atau Elektronik Road Pricing (ERP) di Jakarta. Penerapan ERP belum diimbangi dengan ketersediaan transportasi umum yang terintegrasi sehingga dianggap akan merugikan masyarakat.

"Keberadaan infrastruktur yang bersumber dari anggaran negara hakikatnya diperuntukkan untuk rakyat. Karena itu, gagasan jalan berbayar merupakan ide yang kontraproduktif," tegas Okky di Jakarta, Rabu (11/1).

Anggota DPR dua periode ini menyebutkan jalan berbayar akan berdampak konkret kepada masyarakat yang dituntut beraktivitas di jalan, kawasan, dan waktu yang ditentukan dalam aturan jalan berbayar.

"Misalnya, bagaimana dengan warga yang berprofesi kurir yang harus mengantarkan barang di jalan dan kawasan yang berbayar, tentu akan mengurangi pendapatan mereka," cetus Okky.

Dia menyebutkan untuk mengatasi kemacetan di Jakarta sebaiknya Pemprov DKI Jakarta melakukan penguatan transportasi publik yang berbasis integrasi agar semakin dikuatkan dan ditingkatkan.

Baca juga: Tarif ERP Masih akan Dibahas dengan Pusat

"Integrasi dan penguatan transportasi publik yang telah dilakukan Gubernur Anies mestinya semakin dikuatkan dan dikonsolidasikan," saran Okky.

Sebagaimana maklumi Pemprov DKI Jakarta berencana menerapkan kebijakan jalan berbayar elektronik. Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengusulkan skema besarannya sekitar Rp 5.000 - Rp. 19.000 untuk sekali melintas. Rencana penerapan ini tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik (PPLE). (OL-4)

Baca Juga

Antara

Ketahui Hal Ini Sebelum Menyaksikan Konser Dewa 19

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:38 WIB
Penonton konser musik Dewa 19 menaiki bus pengumpan (shuttle bus) dari Jakarta International Expo di Kemayoran dan Pantai Karnaval di...
Instagram @officialdewa19

Ribuan Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan dalam Pengamanan Konser Dewa 19

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:22 WIB
SEBANYAK 2.174 gabungan TNI-Polri dikerahkan dalam pengamanan Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 akan digelar di Jakarta...
Antara/Feny Selly

Tekan Stunting, DPRD Minta Pemprov DKI Lakukan Revitalisasi Posyandu

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:14 WIB
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad meminta Pemprov DKI menjalankan arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya