Minggu 01 Januari 2023, 22:51 WIB

1.409 Bencana Terjadi Di Ibukota Sepanjang 2022

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
1.409 Bencana Terjadi Di Ibukota Sepanjang 2022

DOK MI
Ilustrasi

 

BADAN Penanggulangan Provinsi (BPBD) DKI Jakarta mencatat, selama 2022 telah terjadi 1.409 kejadian bencana di Jakarta. Dari jumlah tersebut, Kebakaran merupakan bencana yang paling sering terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengungkapkan, selama periode Januari hingga Desember 2022 tercatat telah terjadi 642 kebakaran, 127 banjir, 642 pohon tumbang, 197 jalan tergenang, 13 angin kencang, 14 tanah longsor, dan dua kejadian gempa bumi yang getarannya terasa sampai ke Jakarta. terjadi pula 37 bencana lain seperti bangunan roboh, orang tenggelam, kapal tenggelam, dan lain-lain.

"Peristiwa kebakaran pada gedung dan permukiman menjadi jenis bencana tertinggi yang terjadi sepanjang 2022, dan terbanyak terjadi pada Agustus dengan 71 kejadian," kata Isnawa Adji, Minggu (1/1).

Isnawa menjelaskan, hasil penghitungan perkiraan nilai kerusakan dan kerugian pasca kebakaran di sektor pemukiman selama 2022 ditaksir mencapai Rp130,6 miliar lebih.

Untuk bencana banjir, lanjut Isnawa, paling sering terjadi pada Oktober sebanyak 19 kejadian. Demikian juga jalan tergenang sebanyak 62 kejadian. "Hal ini dipicu, karena Oktober menjadi waktu peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan," ucap Isnawa.

Untuk kejadian bencana angin kencang tertinggi terjadi pada Maret sebanyak lima kejadian, berbanding lurus dengan kejadian pohon tumbang tertinggi terjadi pada bulan yang sama sebanyak 133 kejadian.

Lebih jauh, Isnawa meminta masyarakat mewaspadai seluruh potensi bencana yang ada di Jakarta. Dia juga mengapresiasi sinergisitas unsur pentahelix melalui Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) baik dari segi sumber daya manusia, logistik, dan dukungan lainnya.

"Saya berpesan bagi masyarakat untuk kenali ancamannya dan kurangi risikonya. Kolaborasi ini menjadi ikhtiar bersama dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Tangguh Bencana," pungkas Isnawa. (OL-15)
 

Baca Juga

Antara Foto/ Basri Marzuki

Rawan Kriminalitas dan Kecelakaan, Lampu PJU di Jalan Jambore Depok Segera Dipasang

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:22 WIB
Lokasinya dari pertigaan Jalan Transyogi-Perumahan Mahogany-Apartemen Transmart hingga SMPN...
MI/Andri Widiyanto.

Kurangi Polusi Udara, Disinsentif Tarif Parkir Berlaku di 11 Lokasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Dishub DKI menerapkan kebijakan disinsentif kendaraan pribadi berupa pengendalian lalu lintas dengan sistem ganjil genap dan pengenaan...
HO

Tokoh Muda NU Dukung Pengemudi Angkutan Online Tolak Rencana Penerapan ERP

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:49 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menerapkan Electronic Road Pricing (ERP) atau kebijakan jalan berbayar di sejumlah ruas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya