Kamis 29 Desember 2022, 20:47 WIB

Prediksi BMKG, Besok Wilayah Jabodetabek Alami Cuaca Ekstrem

Atalya Puspa | Megapolitan
Prediksi BMKG, Besok Wilayah Jabodetabek Alami Cuaca Ekstrem

MI/Ramdani
Wilayah Jakarta saat diguyur hujan.

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Jabodetabek akan dilanda cuaca ekstrem pada Jumat (30/12) besok.

"Yang perlu diwaspadai untuk cuaca ekstrem itu di Kabupaten Bekasi bagian utara. Kalau hujan dengan sangat lebat, intensitanya terjadi di Jakarta Barat bagian utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Bekasi," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/12).

Baca juga: Sungai Ciujung Meluap, Banjir Rendam Permukiman di Lebak

Sementara itu, sejumlah wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor bagian selatan, Depok dan Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa kondisi hujan itu akan menguat dari sore sampai dini hari sekitar pukul 00.00 WIB. Pun, kondisi tersebut bisa berlanjut sampai dengan pergantian tahun pada 31 Desember 2022.

"Diharapkan masyarakat dapat merencanakan kegiatannya dengan beradaptasi dengan kondisi tersebut," imbuh Dwikorita.

Baca juga: BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Jawa Hingga Akhir Tahun 2022

Selain Jabodetabek, daerah yang perlu diwaspadai terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat adalah Banten bagian barat dan selatan. Lalu, Jawa Barat bagian tengah dan utara, Jawa Tengah bagian utara, Jawa Timur bagian utara, Bali, NTB dan NTT.

"Masyarakat juga perlu mewaspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang. Terutama, wilayah utara Jawa hingga utara Nusa Tenggara, selatan Jawa, hingga selatan Nusa Tenggara," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

Dok. Tugu Insurance

Tugu Virtual Charity Run & Ride 2022 Dukung Pelestarian Mangrove di Suaka Margasatwa Muara Angke 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:05 WIB
Kategori olahraga kali ini diadakan secara mingguan, dimana peserta diwajibkan untuk menyelesaikan minimal 4.1 km lari atau 41 km...
MI/Heri Susetyo

Korban Wowon Cs Mengaku Dilarang Temui Keluarga Setiba di Indonesia

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 19:27 WIB
Aslem mengaku telah mengirim uang Rp285 juta kepada Wowon melalui rekening Dede, hasil keringatnya bekerja sebagai TKW di Dubai selama 6...
dok.mi

Beredar Buronan Penculik Anak di Medsos, Polisi Sebut Hoaks

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 10:42 WIB
JAGAT media sosial dihebohkan dengan adanya kejadian penculikan anak. Beberapa foto yang tersebar memperlihatkan foto pelaku penculikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya