Senin 01 Agustus 2022, 11:10 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan RI ke-77, Komunitas Kolaborasi Gelar Parade Bendera

Faustinus Nua | Megapolitan
Sambut Hari Kemerdekaan RI ke-77, Komunitas Kolaborasi Gelar Parade Bendera

MI/Dok Komunitas Kolaborasi
Parade bendera di dekat JPOS Phinisi, Jakarta.

 

KOMUNITAS Kolaborasi menggelar parade bendera dan berbagai pertunjukan di sekitar Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda (JPOS) Phinisi, Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (31/7).

Ketua Komunitas Kolaborasi, Sonny Muhammad, mengatakan rangkaian pertunjukan ini merupakan bagian dari peringatan bulan Kemerdekaan. Pihaknya menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77, yang dimulai dengan parade bendera oleh 277 pembawa bendera.

“Kita akan memulai tentang bulan kemerdekaan yang digagas oleh komunitas kolaborasi dengan menamakan acaranya adalah kolaborasi Jakarta, kolaborasi Indonesia,” ujar Sonny dalam keterangan resmi, Senin (1/8).

Baca juga: Penjelasan Perbedaan de Facto dan de Jure, Pengakuan Kedaulatan Kemerdekaan RI

Parade bendera yang digelar melibatkan paskibra dari SMA-SMA se-DKI Jakarta. Kegiatan itu juga diiringi oleh pertunjukan Perkusi dengan memakai baju daerah dari Sabang sampai Merauke.

Sonny menyampaikan setelah pembukaan itu, Komunitas Kolaborasi akan menggelar rangkaian kegiatan lain. Mulai dari pengibaran bendera nasional, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, serta penghormatan bendera nasional di sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta. 

Selain itu, ada pula kegiatan senandung kemerdekaan yang dilakukan oleh sejumlah kelompok paduan suara di 11 titik di wilayah DKI Jakarta.

Ada juga Lomba Tiktok, Drama Kolosal Kemerdekaan, dan Festival Mural juga akan mengisi rangkaian kegiatan komunitas Kolaborasi Jakarta dan berbagai kelompok. Sonny menyebutkan, nantinya rangkaian kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan peserta.

“Yang terlibat kurang lebih sekitar 1.000 orang nanti akan dilaksanakan ditanggal 31 Juli sampai tanggal 16 Agustus 2022. Mereka ini adalah ada pelajar, ada teman-teman dari masing-masing personal, ada beberapa komunitas yang ingin memberikan sesuatu untuk ibu pertiwi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sonny mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu pengingat kembali peristiwa 1945. Momen kemerdekaan merupakan tonggak penting dalam kehidupan negara-bangsa Indonesia.

“Dalam rangka kemerdekaan, kita ingin mengulang kembali 1945 dimana pada saat itu masyarakat Indonesia memberikan apa yang mereka punya untuk kemerdekaan. Kita ingin mengenang kembali hal itu, bahwa di bulan kemerdekaan ini waktunya kita memberi untuk ibu pertiwi,” tutup Sonny. (OL-1)

Baca Juga

dok.ist

Bappenas Kembali Digeruduk Massa Minta Suharso Mundur dari Jabatannya

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:52 WIB
GEDUNG Bappenas kembali digeruduk oleh masa aksi dari Aliansi Mahasiswa Menggugat (AMAM), mereka meminta Menteri Suharso Monoarfa mundur...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

989 Warga Binaan Rutan Kota Depok Dapat Remisi Kemerdekaan

👤Kisar Rajaguguk 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:45 WIB
Pemberian remisi juga diharapkan bisa membantu mengurangi kapasitas hunian...
DOK.MI

Polisi Periksa Guru SMKN Jakpus yang Diduga Aniaya Murid

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:31 WIB
Polsek Sawah Besar telah memeriksa terduga pelaku yang merupakan guru olahraga tersebut. Selain itu, pihaknya juga memeriksa saksi, seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya