Senin 20 September 2021, 20:31 WIB

Anies dan Prasetyo dijadwalkan jadi Saksi Korupsi Lahan, Wagub DKI Jamn Keduanya Kooperatif

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies dan Prasetyo dijadwalkan jadi Saksi Korupsi Lahan, Wagub DKI Jamn Keduanya Kooperatif

MI/Andri Widiyanto
Anies BAswedan bersama Wagub Riza Ptaria

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza memastikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi bakal bersikap kooperatif terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Dijadwalkan besok Anies dan Prasetyo bakal dipanggil guna diperiksa sebagai saksi kasus korupsi pengadaan lahan di Munjul, Jakarta Timur.

Sebelumnya, eks Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengadaan tanah tersebut. Beberapa orang saksi yakni Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik beserta Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta Edi Sumantri juga telah memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam status tersebut.

"Saya belum dengar itu Pak Pras dan Pak Gubernur dipanggil ya. Nanti saya cek. Yang pasti mereka adalah pimpinan yang patuh dan taat pada hukum ya," ujarnya di Balai Kota, Senin (20/9).

Pras, sapaan akrab Prasetyo, patuh terhadap proses hukum yang berlaku. Sebelumnya, ia juga pernah dipanggil KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan suap jual beli pasal reklamasi dalam rancangan perda tata ruang DKI yang menjerat Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI M. Sanusi pada 2016 silam. 

Baca juga ; Anies Besok Dipanggil KPK, Wagub Mengaku Belum Dapat Info

Sementara Anies diyakini juga akan kooperatif karena pernah memenuhi panggilan Polda Metro Jaya atas kasus kerumunan Rizieq Shihab di Petamburan pada 2020 lalu.

"Kami akan taat pada proses hukum apapun. Akan memberi klarifikasi jika memang diperlukan. Prinsipnya kami meyakini kami tidak terlibat dalam kasus-kasus yang sedang ditangani KPL terkait kasus tanah ya yang sedang berproses," jelasnya.

Mantan anggota DPR RI itu belum mengetahui soal pendampingan hukum terhadap Anies.

"Nanti kami cek kembali. Yang pasti kami pimpinan eksekutif maupun legislatif akan patuh dan taat pada ketentuan aturan hukum yang berlaku. Kita warga negara yang patuh dan taat pada hukum dan akan memberikan keterangan dan klarifikasi sesuai dengan fakta data yang ada. Namun demikian, kami yakini bahwa kami yakin Pak Pras, Pak Anies, Pak Taufik yang sudah tidak terlibat dalam kasus tanah ya. Itu yang kami yakini," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

DOK MI.

Tunggu Ojek, Karyawati Basarnas Tewas Dibacok Perampok

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 16:04 WIB
Korban berinisial MN, 22, saat itu tengah menunggu ojek online di pinggir jalan bersama...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Penumpang KRL Padat, DPRD DKI: Covid-19 Belum Hilang 100%

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 15:16 WIB
Pandapotan menjelaskan bahwa warga jangan salah pengertian soal kebijakan...
Ant/Reno A

Adam Deni Tutup Pintu Damai Dengan Jerinx

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 11:20 WIB
PEGIAT media sosial Adam Deni bersikeras melanjutkan proses hukum kasus pengancaman yang dilakukan oleh musisi I Gede Ari Astina atau biasa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya