Minggu 01 Agustus 2021, 12:58 WIB

Anies Wacanakan Syarat Wajib Vaksin, Epidemiolog: Vaksinasi Harus Capai 70%

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Wacanakan Syarat Wajib Vaksin, Epidemiolog: Vaksinasi Harus Capai 70%

Foto/Dok.Pri
Ahli epidemiologi dari Griffith University, Dicky Budiman.

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana menjadikan syarat sudah divaksin untuk mengakses sejumlah tempat di Jakarta. Hal ini kemungkinan dilakukan saat pelonggaran pembatasan dilakukan.

Ahli epidemiologi dari Griffith University, Dicky Budiman, mengatakan hal ini bagus untuk diterapkan. Namun, dengan catatan harus memastikan ketercapaian vaksinasi 70% se Provinsi DKI Jakarta. Dan setiap kecamatan harus sudah memenuhi minimal 50% vaksinasi. Hal ini perlu dipastikan untuk memenuhi prinsip kesetaraan dan keadilan.

Dicky juga menekankan, 70% capaian vaksinasi tersebut harus dua dosis vaksin Covid-19

“Sebanyak 70% itu bicara DKI Jakarta ya. Itu cakupan secara provinsi 70% tapi kalau bicara kecamatan minimal 50%. Jadi bisa ada yang 60% tapi jangan sampai ada kecamatan yang cuma 20%. Itu berbahaya, gak boleh. Dan itu maksudnya dua dosis lengkap,” tegas Dicky saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (1/8).

Selain itu, ia mengingatkan juga kalau syarat pelonggaran bukan dari cakupan vaksinasi saja. Namun, utamanya juga dari angka tes positivity rate yang Sudha rendah. Untuk DKI Jakarta, Dicky menyarankan positivity rate ditekan di bawah 10% baru bisa untuk membuka pelonggaran pembatasan.

Dicky menilai syarat vaksinasi untuk mobilitas bisa menjadi suatu hal yang baik. Karena mendorong mempercepat vaksinasi di masyarakat.

Anies sebelumnya menjelaskan, kebijakan mengenai vaksinasi menjadi persyaratan administrasi bagi warga untuk bisa melakukan berbagai aktivitas. Persyaratan ini juga merupakan upaya untuk mendata warga yang belum tervaksin agar bisa segera memperoleh vaksinasi.

Anies menyatakan, kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan riset ilmiah di bidang medis dan didukung dengan fakta lapangan di Jakarta bahwa vaksinasi terbukti mampu menurunkan risiko keparahan dan risiko kematian akibat Covid-19. (Hld/OL-09)

Baca Juga

Dok.MI

Polres Depok Ungkap Penggelapan 40 Mobil Rental

👤Kisar Rajaguguk 🕔Senin 20 September 2021, 20:48 WIB
Saida, salah satu korban mengaku sangat senang mobilnya kembali ke tangannya. Mobilnya sempat hilang setelah disewa oleh DD selama dua...
MI/Andri Widiyanto

Anies dan Prasetyo dijadwalkan jadi Saksi Korupsi Lahan, Wagub DKI Jamn Keduanya Kooperatif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 20 September 2021, 20:31 WIB
Dijadwalkan besok Anies dan Prasetyo bakal dipanggil guna diperiksa sebagai saksi kasus korupsi pengadaan lahan di Munjul, Jakarta...
Antara/M Risyal Hidayat

DKI Catat Penambahan Kasus Covid-19 Terendah Sejak Juni 2020

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 20 September 2021, 20:10 WIB
Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 12.877 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 91 positif dan 12.786...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya