Jumat 07 Mei 2021, 17:39 WIB

Posko Satpol PP di Tanah Abang Dibongkar PKL

Selamat Saragih | Megapolitan
Posko Satpol PP di Tanah Abang Dibongkar PKL

Antara
Petugas Satpol PP tengah memindahkan tempat cuci tangan untuk menerapkan protokol kesehatan.

 

BIASANYA Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang membongkar lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL), namun kali ini sebaliknya. Baru 10 menit Posko Satpol PP didirikan di untuk pemantauan protokol kesehatan di Tanah Abang, Jakarta Pusat malah dibongkar PKL.

Para PKL sulit diatur dan mulai menggelar lapak di trotoar terowongan Blok F Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Jumat (7/5) sore.

Mereka kembali menggelar lapak tidak lama usai Satpol PP membangun posko. Tapi para PKL langsung membongkar posko Satpol PP untuk pemantauan protokol kesehatan (prolea).

Tampak sekitar pukul 15.14 WIB, anggota Satpol PP mengangkat rangka-rangka tenda posko. Sejumlah pedagang juga terlihat membantu anggota Satpol PP membereskan tenda.

Setelah itu, kata Arifin, para pedagang baju anak-anak hingga busana muslim terlihat langsung menaruh meja dagangannya dan tempat menggantungkan baju di atas trotoar.

Tidak sampai lima menit, trotoar di bawah terowongan Blok F Pasar Tanah Abang langsung penuh dengan barang dagangan.

Padahal, anggota Satpol PP masih belum meninggalkan area lokasi bekas posko pemantauan. Pedagang terlihat santai menggelar lapak meski ada anggota Satpol PP.

Sebelumnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Pusat, Bernard Tambunan, mengatakan, saat ini ada delapan posko pengawasan yang telah didirikan di Pasar Tanah Abang.

Bernard menambahkan, keberadaan posko bertujuan untuk mencegah pelanggaran protokol kesehatan (prokes) 9ketika ada lonjakan pengunjung Tanah Abang selama Ramadhan.

"Dalam antisipasi bulan Ramadhan 1442 H, kita melakukan penjagaan Tanah Abang. Kita bikin delapan pos penjagaan untuk memantau prokes," kata Bernard.

Satpol PP disebut berjaga di delapan posko yang tersebar. "Ada 150 personel yang kita libatkan di delapan posko itu," kata Beenard.

Menurut dia, delapan posko itu berada di dalam maupun luar Pasar Tanah Abang.

Pihaknya memastikan seluruh personel yang dikerahkan akan secara aktif mengingatkan pembeli dan pedagang untuk menerapkan prokes memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. (OL-13)

Baca: DKI Akan Perluas Uji Coba Disinsentif Tarif Parkir

Baca Juga

Antara

Pemprov DKI Klaim 75% Bantuan Tunai Sudah Terdistribusi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 Juli 2021, 23:51 WIB
“Mudah-mudahan ke depan bantuan ini bisa disalurkan melalui ATM supaya tidak terjadi kerumunan karena berpotensi penularan...
Ist

Gubernur dan Wagub DKI Minta Generasi Z Terus Asah Kemampuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 21:52 WIB
Wagub DKI berpesan agar para lulusan SMAN 8 Jakarta tidak hanya mengejar ilmu pengetahuan, tetapi juga mendalami agama...
Antara

Positivity Rate di Jakarta Masih Tinggi

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:10 WIB
Meski kasus harian covid-19 di Jakarta mengalami tren penurunan, namun persentase kasus positif (positivity rate) masih tinggi sebesar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Dunia Usaha Jangan Menyerah

BADAI covid-19 kembali menerpa Indonesia. Sapuan gelombang kedua itu otomatis membuat berbagai rencana yang telah disusun harus dihitung ulang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya