Senin 12 April 2021, 13:34 WIB

Polisi akan Sanksi Warga yang Nekat Mudik Lebaran

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi akan Sanksi Warga yang Nekat Mudik Lebaran

MI/Andri Widiyanto.
Penumpang menaiki kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (11/4).

 

POLISI akan memberikan sanksi bagi masyarakat yang nekat mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei mendatang. Warga yang kedapatan akan mudik langsung diputarbalikkan oleh petugas di lapangan.

"Sanksinya akan kami putar balikkan, kecuali untuk pelanggaran-pelanggaran yang memang ada pasal pelanggaran lalu lintas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/4). Pengenaan UU hanya diberikan kepada pelanggar tertentu, seperti travel gelap yang menyelundupkan pemudik atau truk dan mobil bak yang mengangkut orang.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ayat 4 bahwa angkutan barang memang tidak diperkenankan membawa penumpang. Pada Pasal 303 UU Lalu Lintas disebutkan setiap orang yang mengemudikan mobil barang untuk mengangkut orang bakal dipidana dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

"Travel gelap itu kan ada pelanggarannya, kemudian truk digunakan untuk mengangkut orang. Nah, itu kan ada pasal pelanggarannya. Pasal seperti itu tentu kami tindak. Tetapi kalau hanya masalah orang mudik itu hanya kita putar balik," kata Sambodo.

Sambodo menjelaskan ada sejumlah pihak yang diperbolehkan melakukan perjalanan selama masa larangan mudik, yakni terkait dinas, angkutan logistik dan barang, orang sakit, pengantar orang yang meninggal dunia, dan ibu hamil yang akan melahirkan. "Di luar itu tidak diperbolehkan," tegas Sambodo. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal

Hingga Kemarin, 1.079 Permohonan SIKM Ditolak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 06:13 WIB
"Sebanyak 1.447 SIKM ditolak dan 177 permohonan SIKM masih dalam proses penelitian administrasi dan penelitian teknis karena baru saja...
Dok. Pribadi

Jelang Idul Fitri, Polres Tanjung Priok Bantu Renovasi Masjid    

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 09 Mei 2021, 23:14 WIB
Renovasi dan pemberian bantuan tersebut diberikan kepada Pondok Pesantren Nurul Bahri dan Masjid Nurul Jihad Muara Angke, Jakarta...
Antara

Uji Coba Tahap 2 Flyover Cakung Digelar 11-18 Mei

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 09 Mei 2021, 22:04 WIB
coba berlaku mulai pukul 06.00 hingga 24.00 WIB. Bersamaan dengan itu juga dilakukan sistem satu arah di kawasan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya